Menggetahui Tema Hari Gizi Nasional 2023, ini Sejarahnya

CIANJUREKSPRES – Hari Gizi Nasional diperingati setiap tanggal 25 Januari. Logo Hari Gizi Nasional 2023 bisa Anda gunakan untuk spanduk, twibbon, maupun banner peringatan HGN 2023.

Peringatan ini merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan.

Sehingga, bisa turut mendorong pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasiona (RPJMN) bidang kesehatan. Selain mengusung tema Protein Hewani Cegah Stunting, ada slogan Protein Hewani Setiap Makan dan Isi Piringku Kaya Protein Hewani.

BACA JUGA : 10 Link Twibbon Hari Gizi Nasional 25 Januari 2023, Lengkap dengan Cara Pasang

Sejarah

Detikers perlu tahu bahwa Hari Gizi Nasional bermula dari upaya perbaikan gizi. Mulanya dicetuskan pada 1950-an oleh Prof Poorwo Seodarmo, bersamaan saat Prof Poorwo Soedarmo dilantik oleh Menteri Kesehatan, Dokter J Leimena, menjadi Kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR).

Namun, penyebutan Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada waktu itu masih disebut Instituut Voor Volksvoeding (IVV). Meskipun penyebutan LMR masih tidak spesifik, pada waktu perjalanannya, LMR melakukan pengkaderan.

BACA JUGA : Dinkes Cianjur Harus Responsif Tangani Gizi Buruk

Pengkaderan tersebut diambil untuk memenuhi tenaga gizi Indonesia dan Sekolah Juru Penerang Makanan. Waktu pengkaderan tersebut disahkan pada 25 Januari. Bermula dari sanalah peringatan tersebut diresmikan menjadi Hari Gizi Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *