Tips dan Trik Menjadi Petani Muda

pertanian adalah sektor yang sangat penting dalam perekonomian dan perdagangan.
pertanian adalah sektor yang sangat penting dalam perekonomian dan perdagangan.
0 Komentar

Kalian bisa mencoba mencari referensi tentang pertanian dan agrikultur di halaman web Yayasan Agri Sustineri Indonesia (YASI).

3. Persiapkan jam kerja di atas 8 jam sehari

Pada saat musim panen, jelas membuat pekerjaan bertambah karena hasil panen harus segera disimpan dan dikelola dengan baik sebelum cuaca atau hal buruk datang.

Pekerjaan tambahan di saat panen akan memakan waktu lebih panjang dalam mengerjakannya dan Anda akan berada di kebun atau ladang lebih lama dari biasanya.

Baca Juga:Cara Pembuatan Pupuk Organik dengan Media Memakai EM4, Mudah dan Tidak BauTips Mencegah Cedera Dalam Sepak Bola

Petani yang sudah berpengalaman tidak akan mengeluhkan hal tersebut karena saat musim panen adalah saatnya menikmati hasil dari proses yang selama ini dilakukan.Kalian perlu membiasakan diri untuk bekerja lebih dari 8 jam sehari terutama saat musim panen.

4. Belajar menghadapi masalah

Melakukan pekerjaan di bidang pertanian, tidak hanya berurusan dengan menanam dan memanen.Banyak hal dan permasalahan di sekitarnya, mulai dari perawatan mesin tani, pengolahan tanah, membersihkan area pertanian, dan masalah – masalah lain.

Sering – seringlah bertanya kepada mentor kalian tentang apa saja masalah dan bagaimana menghadapinya.Kalian perlu menghadapi langsung dan menjadikannya pengalaman dalam proses menjadi petani muda.

5. Semangat belajar hal baru

Setelah mencoba turun ke area pertanian secara langsung, kalian mungkin akan banyak menemukan hal baru yang belum kalian temui sebelumnya.

Hal – hal seperti menyiram pestisida ke tanaman, membersihkan tanah, memberi pupuk, membajak tanah, menggunakan alat pertanian, dan sebagainya.

Belajarlah melakukan hal – hal baru tersebut dengan baik dan jangan malu untuk bertanya kepada mentor kalian saat belum mengetahui cara melakukan sesuatu.

6. Menggunakan pakaian ala petani

Saat melakukan pekerjaannya, seorang petani membutuhkan pakaian yang cocok dan nyaman untuk digunakan saat bekerja.

Baca Juga:Tips Agar Tidak Kena Mental Dalam Rank di Mobile LegendsHero Paling Ditakuti User Midlaner Mobile Legends (ML)

Seorang petani juga memakai pakaian yang cocok untuk bekerja di ladang, seperti kaos, celana jin, sepatu bot, topi, sarung tangan, dan biasanya dilengkapi dengan wearpack.

7. Belajar mengelola hasil panen

BACA JUGA : Pupuk Subsidi Semakin Langka, Ono Surono: Tata Niaga Pupuk Memang Kacau

Pendapatan seorang petani adalah dari hasil panen produk pertanian mereka.

0 Komentar