Cara Pembuatan Pupuk Organik dengan Media Memakai EM4, Mudah dan Tidak Bau

Pupuk organik EM4 sendiri adalah pupuk yang punya peran untuk meningkatkan aktivitas biologi, kimia dan fisik tanah sehingga tanah menjadi subu
Pupuk organik EM4 sendiri adalah pupuk yang punya peran untuk meningkatkan aktivitas biologi, kimia dan fisik tanah sehingga tanah menjadi subu
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Pupuk organik EM4 sendiri adalah pupuk yang punya peran untuk meningkatkan aktivitas biologi, kimia dan fisik tanah sehingga tanah menjadi subur dan baik untuk pertumbuhan tanaman. Saat ini memang sebagian besar petani masih tergantung pada pupuk anorganik, karena pupuk anorganik mengandung beberapa unsur hara dalam jumlah yang banyak. Tapi bila pupuk anorganik ini digunakan secara terus-menerus, maka bisa menimbulkan dampak negatif terhadap terhadap kondisi tanah. Misalnya nih tanah jadi cepat mengeras, kurang mampu menyimpan air dan cepat jadi asam. Kondisi ini pada akhirnya bakalan menurunkan produktivitas tanaman.

Pupuk organik sendiri terbagi menjadi pupuk padat dan pupuk organik cair. Kalau pupuk cair tuh unsur hara yang terdapat di dalamnya lebih mudah diserap tanaman. Tapi sebenranya paa ish yang dimaksud dengan pupuk organik cair?

Pupuk organik cair adalah larutan yang merupakan hasil dari pembusukan bahan-bahan organik antara lain sisa tanaman, kotoran hewan dan manusia yang kandungan unsur haranya lebih dari satu unsur. Nggak cuman baik untuk tanaman, tapi pupuk organik cair in juga nggak merusak tanah walaupun digunakan sesering mungkin. Plus, pupuk cair organik bisa digunakan sebagai aktivator untuk membuat kompos.

Baca Juga:Tips Mencegah Cedera Dalam Sepak BolaTips Agar Tidak Kena Mental Dalam Rank di Mobile Legends

Sayangnya pupuk organik cair ini nggak bisa dijadikan satu-satunya pupuk dalam tanaman karena rentan terbawa erosi. Sebagai pupuk utama, gunakan pupuk organik padat karena akan tersimpan lebih lama di dalam media tanam

Kabar baiknya, pupuk organik cair bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah. Cara membuat pupuk organik ini bisa dengan memanfaatkan sampah sisa sayuran atau yang bisa dibilang sampah dapur, dan menggunakan peralatan bekas.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair

BACA JUGA : Pupuk Kujang Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi di Cianjur

Kayak yang udah dijelasin di bagian awal artikel kalau pupuk organik cair hanya berfungsi sebagai pupuk tambahan, maka pupuk ini kudu kaya akan unsur hara mikro sebab unsur hara makronya udah dipenuhi dari pupuk utama. Untuk mendapatkan kandungan hara mikro, bisa dipilah dari bahan baku pupuk dalam cara membuat pupuk organiknya.

0 Komentar