Cara Pembuatan Pupuk Organik dengan Media Memakai EM4, Mudah dan Tidak Bau

Pupuk organik EM4 sendiri adalah pupuk yang punya peran untuk meningkatkan aktivitas biologi, kimia dan fisik tanah sehingga tanah menjadi subu
Pupuk organik EM4 sendiri adalah pupuk yang punya peran untuk meningkatkan aktivitas biologi, kimia dan fisik tanah sehingga tanah menjadi subu
0 Komentar

Cara Membuat Pupuk Cair dengan EM4

Apakah itu? EM4 Adalah suatu cairan untuk pertanian, berwarna kecoklatan dan beraroma manis asam dan segar. Di dalam EM-4 ini terkandung campuran dari beberapa mikroorganisme hidup yang berperan besar bagi proses penguraian serta persediaan unsur hara tanah. Kandungannya terdiri dari bakteri fermentasi, mulai dari genus Lactobacillus, bakteri fotosintetik Actinomycetes, bakteri pelarut fosfat, jamur fermentasi, dan juga ragi.

Dalam cara membuat pupuk organik, em4 ini berfungsi untuk mempercepat proses pembuatan pupuk organik dan kualitas pupuk. Di dalam EM4 ini terdapak kandungan berbagai mikroorganisme fermentasi dan sintetik yang akan menfermentasi bahan organik tanah menjadi senyawa organik yang gampang diserap akar tanaman.

Di dalam bahan EM4 terkandung mikroorganisme fermentasi dan sintetik yang terdiri dari bakteri Asam Laktat (Lactobacillus Sp), Actinomycetes Sp Bakteri Fotosentetik, Streptomyces SP dan yeast serta Jamur pengurai selulose. Penemu teknologi EM4 pertama kali adalah Prof. Dr. Teruo Higa dari Universitas Ryukyus, Okinawa, Jepang.

Baca Juga:Tips Mencegah Cedera Dalam Sepak BolaTips Agar Tidak Kena Mental Dalam Rank di Mobile Legends

Cara membuat pupuk organik ternyata gampang banget kan asalkan memiliki semua bahan dan alatnya. Nah, tertarik mencobanya?

0 Komentar