Cara Pembuatan Pupuk Organik dengan Media Memakai EM4, Mudah dan Tidak Bau

Pupuk organik EM4 sendiri adalah pupuk yang punya peran untuk meningkatkan aktivitas biologi, kimia dan fisik tanah sehingga tanah menjadi subu
Pupuk organik EM4 sendiri adalah pupuk yang punya peran untuk meningkatkan aktivitas biologi, kimia dan fisik tanah sehingga tanah menjadi subu
0 Komentar

Kalau semua langkah sudah dilakukan, tutup tong plastik dengan rapat. Masukkan selang ke dalam tutup tong yang udah diberi lubang, rekatkan dengan kuat sampai ngak ada celah masuknya udara. Sementara itu ujung selang yang lain dibiarkan masuk ke dalam botol yang udah diberi air.

Karena proses ini akan berlangsung secara anaerob atau tanpa oksigen, maka pastikan buat nggak ada luban sekecil apapun yang memungkinkan udara buat masuk ke dalam tong. Lho teru sfunbgsi selangnya buat apa dong?

Selang tersebut berfungsi untuk menyetabilkan suhu dalam pupuk di mana suhu yang lebih tinggi akan keluar masuk melalui selang tersebut. Diamkan selama 10 hari dan buka untuk melihat apakah cara membuat pupuk organik ini sudah jadi apa belum. Tandanya dengan melihat apakah pupuk sudah meneluarkan aroma fermentasi tape.

Baca Juga:Tips Mencegah Cedera Dalam Sepak BolaTips Agar Tidak Kena Mental Dalam Rank di Mobile Legends

Lalu bila belum matang di hari ke-10, kira-kira pada hari ke berapa sih pupuk organik ini sudah bisa digunakan? Jawabannya adalah : Tak ada aturan tentunya. Tapi perlu diingat kalau lebih dari satu bulan aroma pupuk belum menyerupai tape berarti pembuatan pupuk cair gagal. tapi ini hampir nggak pernah terjadi kok. Pokoknya semuanya tergantung komposisi bahan dan suhu udara disekitar tempat fermentasi.

Penyaringan Pupuk Organik

BACA JUGA : Petani Cabai Keluhkan Mahalnya Harga Pupuk

Begitu proses pembuatan pupuk organik udah selesai,yang dilakukan selanjutnya dalah menyaring atau memisahkan cairan dan ampasnya. Penyaringan bisa dilakukan dengan kain tipis atau papun untuk memisahkan cairan dengan ampasnya. Bila cairan pupuk organik sudah didapat, masukkan cairan ke dalam jerigen trus tutup rapat untuk menghindari pupuk berubah. Nah, bagian ampasnya bisa dimanfaatkan utnuk pupuk organik padat.

Penggunaan Pupuk Organik Cair

Saat menggunakan pupuk hasil dari cara membaut pupuk organik cair ini, gunakan perbandingan 20 ml pupuk organik cair dicampur dengan 5 liter air. Atau 1 liter pupuk organik cair dengan 100 liter air.

Tapi balik lagi nih semua itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Dikutip dari 8villagescom, bila ingin pupuk organik yang merangsang daun, maka gunakan bahan organik dari daun-daunan. Sementara bila ingin pupuk yang merangsang buah, maka gunakan bahan organik dari sisa limbah buah seperti sekam padi atau kulit buah-buahan

0 Komentar