Amalan yang Harus Dilakukan Saat Memperingati Isra Miraj

Isra miraj adalah salah satu hari besar agama Islam yang mengandung peristiwa penting di dalamnya. Perjalanan yang dilakukan Rasulullah ini membawa sejumlah perintah yang kini dijadikan sebagai pedoman Islam.
Isra miraj adalah salah satu hari besar agama Islam yang mengandung peristiwa penting di dalamnya. Perjalanan yang dilakukan Rasulullah ini membawa sejumlah perintah yang kini dijadikan sebagai pedoman Islam.
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Isra miraj adalah salah satu hari besar agama Islam yang mengandung peristiwa penting di dalamnya. Perjalanan yang dilakukan Rasulullah ini membawa sejumlah perintah yang kini dijadikan sebagai pedoman Islam.

Sesuai kalender hijriah, Isra Miraj akan jatuh pada tanggal 27 Rajab 2022 (1 Maret 2022). Berdasarkan laporan hasil rukyatul hilal bil fi’li yang dilaksanakan oleh tim perukyah PBNU menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena awal bulan Rajab 1443 H jatuh pada Kamis Kliwon, bertepatan dengan (03 Februari 2022).

Dalam buku “Kisah Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW” oleh Syofyan Hadi menceritakan kisah perjalanan Isra Miraj yang dijelaskan Allah SWT pada surah berbeda di dalam Al-Quran.

Perjalanan Isra (perjalanan bumi) disebutkan dalam surah Al-Isra ayat 1:

سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ

Baca Juga:Tips dan Trik Menjadi Petani MudaCara Pembuatan Pupuk Organik dengan Media Memakai EM4, Mudah dan Tidak Bau

Arab latin: Sub-ḥānallażī asrā bi’abdihī lailam minal-masjidil-ḥarāmi ilal-masjidil-aqṣallażī bāraknā ḥaulahụ linuriyahụ min āyātinā, innahụ huwas-samī’ul-baṣīr

Artinya: “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Sementara itu, kisah Miraj (naik ke langit) disebutkan Allah SWT dalam surah Al-Najm ayat 13-18:

وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى (١٣) عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى (١٤) عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى (١٥) إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى (١٦) مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغَى (١٧) لَقَدْ رَأَى مِنْ آيَاتِ رَبِّهِ الْكُبْرَى (١٨

Artinya: “13. Dan sungguh, dia (Muhammad) telah melihatnya (dalam rupa yang asli) pada waktu yang lain, 14. (yaitu) di Sidratul Muntaha. 15. Di dekatnya ada surga tempat tinggal, 16. (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. 17. Penglihatannya (Muhammad) tidak menyimpang dari yang dilihatnya itu[14] dan tidak (pula) melampauinya. 18. Sungguh, dia telah melihat sebagian tanda-tanda (kebesaran) Tuhannya yang paling besar.”

Amalan yang Bisa Dilakukan saat Isra Miraj

BACA JUGA : Link Download Doa Bulan Rajab Lengkap Arab Beserta Latin
1. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran dapat dilakukan setiap hari, termasuk saat Isra Miraj. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra ayat 82:

نُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Artinya: Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.

0 Komentar