5 Tips Menggatasi Sariawan dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah

5 Tips Menggatasi Sariawan dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah
istimewa
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Sariawan disebut pula sariawan atau stomatitis aftosa (stomatitis aphtosa)[1] adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.

Seriawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria.

Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya seriawan, seperti luka tergigit, mengonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.

BACA JUGA : 10 Tips Menjaga Kesehatan Awal Tahun

Baca Juga:Temasuk Aries, Ternyata Ini 3 Zodiak Paling BeraniTrending Lagu Moonlight Sunrise – TWICE ini Lirik dan Terjemahannya

Penyebab

Penyebabnya seriawan tidak sepenuhnya jelas,tetapi diperkirakan banyak faktor yang dapat menyebabkannya.Diperkirakan seriawan tidak disebabkan oleh penyebab tunggal, melainkan beberapa kondisi yang memicu timbulnya seriawan.

Beberapa penelitian telah berusaha untuk mengidentifikasi organisme penyebab seriawan, tetapi tampaknya seriawan bukan penyakit menular Kerusakan mukosa kemungkinan disebabkan sebagai hasil dari reaksi kekebalan mediator Sel T (T limfosit) yang melibatkan terbentuknya interleukin dan faktor nekrosis tumor-alfa (TNF-α)
Mastosit dan makrofaga juga terlibat, mensekresi TNF-α bersama dengan sel T.

BACA JUGA : Minum Teh di Pagi Hari Berkhasiat Untuk Kesehatan

Tips untuk menggobati sariawan, dengan bahan alami:

1. Membersihkan Mulut
Membersihkan mulut dengan cara menggosok gigi

2. Berkumur denga Air garam
Berkumur dengan air garam, dapat mengeringkan sariawan.
Hanya perlu mencampurkan setengah gelas air dengan satu sendok teh garam, kemudian berkumur dengan campuran air selama 15-30 detik

3. Berkumur dengan Air Sode kue
campuran air dan soda kue (baking soda) dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan dengan mengurangi peradangan dan mengembalikan keseimbangan pH. Kamu cukup mencampur setengah gelas air dengan satu sendok teh soda kue. Berkumurlah selama 15-30 detik. Ulangi setiap beberapa jam, sesuai dengan yang diperlukan.

4. Madu/Honey
Madu merupakan alternatif untuk mengobati sariawan yang efektif karena dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, dan ukuran dari sariawan, serta mencegah munculnya infeksi. Hal ini disebabkan karena madu memiliki kandungan antiradang dan antibakteri.

0 Komentar