Al-Jabbar Spirit 27 Kabupaten/Kota Jawa Barat, Ridwan Kamil: Makmurkan Masjid

Masjid Raya Al-Jabbar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum saat mengikuti Salah Subuh Berjamaah di Masjid Raya Al-Jabbar.
0 Komentar

BANDUNG, CIANJUREKSPRES – Masjid Raya Al-Jabbar yang menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat dan termegah di Asia Tenggara, diresmikan Jumat (29/12). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat melaksanakan salat subuh berjamaah dengan ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Masjid Raya Al Jabbar, Kamis (29/12/2022).

Pelaksanaan subuh berjamaah di Masjid Raya Al Jabbar dilakukan sebagai komitmen untuk senantiasa memakmurkan masjid. Selepas melaksanakan subuh berjamaah, sekitar 3.000 ASN di lingkungan Pemda Provinsi Jabar menggelar operasi semut untuk merapikan sebagian area di Masjid Raya Al-Jabbar.

“Hari ini subuh berjamaah pertama, dilanjutkan pada pukul 6.30 WIB kita akan operasi semut, kita akan kerja bakti bagi yang datang melaksanakan itu momen sejarah,” kata Ridwan Kamil.

Baca Juga:Kebanyakan Arab Saudi, 12 WNA Dipulangkan dari CianjurLink Nonton Piala AFF Indonesia vs Thailand Bisa Ditonton di Mobil

Kepada ASN Jabar yang akan melakukan operasi semut, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mendoakan setiap langkah dalam kegiatan bebersih tersebut bisa menjadi pahala di akhirat kelak.

“Hari ini dengan penuh semangat setiap keringat itu jadi amal jariah bagi kita. Jadi beruntunglah yang datang hari ini bebersih sebagai simbol kebersamaan,” ujarnya.

Menurutnya, perjalanan panjang pembangunan Masjid Raya Al Jabbar ini melibatkan banyak pihak. “Membangun ini (Masjid Raya Al Jabbar) bukan superman tapi superteam. Bukan kerja saya, tapi kerja ribuan orang,” imbuhnya.

Masjid tersebut merupakan spirit dari 27 kabupaten kota di Jawa Barat. Hal tersebut ditandai dengan terdapatnya motif batik dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat dalam desain Masjid Raya Al-Jabbar. Meskipun lokasinya di Kota Bandung, Ridwan Kamil menegaskan ini adalah Masjid Raya Al-Jabbar.

“Artinya, semua warga di Jawa Barat harus ada rasa memiliki. Apa simbolisasi bagian dari Jawa Barat merasa memiliki, secara desain saya tampung. Ada ragam hias motif batik di pintu-pintu yang jumlahnya ada 27, sehingga ada kebanggaan. Masjid Raya Al-Jabbar dihimpun dari semangat Ke-Jawa Barat-an,” katanya

0 Komentar