Asda Sebut Dana Renovasi dan Pembangunan Rumah Relokasi yang akan Digelontorkan Pemerintah Pusat Capai Rp3 Triliun

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES – Asisten Daerah (Asda) Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Cianjur Budhi Rahayu Toyib, menyebut, jumlah dana bantuan yang akan digelontorkan Pemerintah Pusat untuk renovasi dan pembangunan rumah baru di area relokasi akibat gempa Cianjur mencapai Rp3 triliun.

“Dari yang saya dengar, kalau untuk keseluruhan 57 ribu unit bangunan itu mencapai Rp3 Triliun. Termasuk rumah relokasi,” ujar Budhi ditemui usai koneferensi pers di Pendopo Cianjur, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga: Penilaian Akhir Semester 2022 akan Dilaksanakan 12 Desember, Begini Kata Disdikpora Cianjur

Dirinya mengungkapkan, dana untuk pembangunan rumah relokasi dikucurkan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sedangkan dana bantuan renovasi rumah disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Untuk penyaluran bantuan renovasi rumah tahap pertama, kata Budhi, ada 8.443 KK penerima bantuan tunai renovasi rumah pada korban gempa Cianjur.

Sementara pada tahap kedua, total penerima bantuan tunai renovasi rumah mencapai 16.745 KK. Dua tahap tersebut sudah dibuatkan surat keputusannya di Bagian Hukum Setda Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Pencarian Korban Hilang Tertimbun Longsor di Cijedil Cianjur Akibat Gempa Terus Dilakukan

“Dua tahap itu sudah ada Surat Keputusan (SK) Bupati Cianjur, sudah ditandatangani. Dan datanya sudah by name by address,” ujar Budhi.

Rencananya, penyerahan tahap pertama akan diserahkan secara simbolis oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (8/12) di Markas Komando (Mako) Bataliyon Infanteri (Yonif) Raider 300/Brawijaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *