Manjur United Gelar Kegiatan Social Healing untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

Manjur United Gelar Kegiatan Social Healing untuk Korban Gempa Bumi Cianjur
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES – Manjur United bekerjasama dengan KONI Cianjur dan Ikatan Bhakti Wanita Cianjur (IBWC), menggelar kegiatan Social Healing untuk korban gempa bumi pada Minggu (4/12/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di 20 desa di Kecamatan Cugenang dan Kecamatan Cilaku. Salah satunya di Desa Mangunkerta yang dihadiri langsung oleh ketua Yayasan Manjur United, Muhamad Abdul Azis Sefudin.

Selain itu RETANA dan tim kesehatan (timkes) juga turut berpartisipasi untuk memberikan bantuan kepada para korban bencana.

Baca Juga:Bagaimana Proses Terjadinya Gempa Bumi Berdasarkan JenisnyaStatus Gunung Semeru Naik dari Siaga Menjadi Awas, Luncuran Awan Panas Guguran Sejauh 19 Kilometer

Rangkaian kegiatan terdiri dari senam sehat, pembagian sembako dan alat olahraga, trauma healing anak-anak, operasi kebersihan juga cek kesehatan.

Ketua Yayasan Manjur United yang juga mempelopori gerakan Social Healing ini, Muhamad Abdul Azis Sefudin menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan pemulihan mental para pengungsi.

“Alhamdulillah, dengan kegiatan hari ini teman-teman relawan, Yayasan Manjur United, pengurus KONI Cianjur, IBWC, RETANA dan Timkes bisa turut membantu untuk meningkatkan kebugaran dan pemulihan mental para pengungsi,” kata Kang Azis, sapaan akrabnya.

Sebelumnya dikabarkan di tempat pengungsian kondisi sampah sudah menumpuk lantaran akses jalan tim pengangkut sampah tertutup akibat longsor.

Curah hujan yang tinggi juga menjadi faktor lokasi pengungsian menjadi rawan tersebarnya penyakit seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

“Kita juga tadi sempat bergotong-royong membersihkan sampah di sekitar tenda pengungsian dan melaksanakan senam bersama. Insya Allah, kita bisa membantu dan mencegah mereka dari berbagai penyakit. Walaupun sedikit, saya yakin Cianjur bisa bangkit,” ujar Kang Azis.

Salah satu pengungsi, Yana (57) ibu rumah tangga di Kampung Cariu Desa Mangunkerta Cugenang, mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang sudah digelar hari ini dan mengaku merasa terbantu serta terhibur.

Baca Juga:Pemkab Cianjur Mulai Penataan Jalur Pedestrian dengan Rehabilitasi Trotoar Jalan SiliwangiGunung Semeru Erupsi, Muntahkan Awan Panas Guguran

“Terima kasih saya ucapkan kepada Manjur United, KONI dan Ikatan Bhakti Wanita Cianjur karena saya merasa sangat terbantu. Ibu-ibu lain juga merasa terhibur dan bisa menghilangkan stres,” ucapnya.

0 Komentar