Hoax Video Gempa Garut, Stop Share ke Media Sosial!

0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES- Gempa berkekuatan M 6.4 mengguncang Kabupaten Garut pada Sabtu, 3 Desember 2022.

Usai terjadinya gempa di Garut, beredar video hoax yang memperlihatkan kondisi bangunan runtuh.

Dalam beberapa video diberi keterangan bahwa kejadian tersebut terjadi di Garut.
Faktanya gempa Garut yang terjadi pukul 16,49 WIB itu tidak menimbulkan kerusakan yang besar seperti tayangan video yang beredar.

Baca Juga:Link Streaming Kupu-kupu Malam 3 Desember 2022 Full EpisodeLink Download Lagu Kupu-kupu Malam – Virzha OST Web Series Kupu-kupu Malam

Berdasarkan pengamatan, banyak video-video yang sengaja dibuat di media sosial memperlihatkan sejumalah kerusakan yang cukup parah.

Untuk itu, bagi masyarakat, jika menemukan video yang memperlihatkan sejumlah kerusakan fasilitas rumah warga, maka itu adalah tidak benar.

Video tersebut sengaja dibuat oleh warganet yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan mencari perhatian dan demi mendapatkan pengikut atau follower banyak.

Video yang ditayangkan tersebut sebetulnya kejadian ketika gempa di Cianjur. Sedangkan kejadian gempa di Kabupaten Garut tidak seperah narasi yang ditayangkan di video itu.

Untuk itu, bagi masyarakat yang menemukan video tersebut sebaiknya tidak langsung percaya begitu saja bahwa kejadian tersebut benar-benar akibat gempa di Garut.

Gempa di Garut terjadi di lokasi 7.51 LS,107.52 BT (52 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR), dengan kedalaman 118 km.

BMKG menegaskan bahwa kejadian gempa itu tidak berpotensi tsunami akibat gempa tersebut.

Baca Juga:Cara Membuat SIM Online Melalui Aplikasi Smartphone2 Langkah Mudah Mengubah TV Analog ke Digital

Berdasarkan laporan dari Pusdalops PB-BPBD Kabupaten Garut, kejadian gempa memiliki dampak di tiga kevamatan di antaranya Kecamatan Pakenjeng, Kecamatan Cikelet, dan Kesamatan Selaawi

Untuk sementara baru satu korba mengalami luka-luka yang terdata, dan rumah penduduk hanya sedikit mengalami kerusakan. (Jabar Ekspres)

0 Komentar