Arti dan Manfaat Menjadi Relawan

Arti dan Manfaat Menjadi Relawan
Ilustrasi relawan(pixabay)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES – Arti dan Manfaat Menjadi Relawan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), relawan merupakan bentuk tidak baku dari Sukarelawan. Arti relawan adalah seseorang yang beraktivitas secara sukarela. Kegiatannya berdasarkan asas suka dan rela dan banyak manfaat.

Menyadur blog akademirelawan.turuntangan.id yang mengutip dari lexico.com (platform Oxford Dictionary), relawan atau volunteer adalah “a person who freely offers to take part in an enterprise or under a task” atau seseorang yang memberikan penawaran secara percuma untuk berkontribusi dalam sebuah proyek atau mengambil bagian pada tugas tertentu.

Sedang Schroeder mengartikan relawan adalah seseorang yang rela menyumbanggkan waktu, tenaga, dan kemampuan tanpa mengharapkan tambahan finansial dari organisasi.

Baca Juga:Usir semut dengan 10 cara ini, Bisa Pakai ParfumBEULEUM LAUK KANCRA

Kegiatan relawan bersifat sukarela tanpa mengharap imbalan eksternal. Namun, penelitian terbaru menunjukan bahwa tidak banyak relawan yang terlibat dalam kegiatan tanpa mengharapkan gaji.

Secara sederhana kesimpulan  relawan adalah seseorang yang turun tangan bergabung dengan kelompok, komunitas dan lembaga untuk kemaslahatan masyarakat secara umum. Hal itu juga berdasarkan pada kemauan dan kemampuan serta kesukarelaan.

Manfaat Menjadi Relawan
1. Menjadi relawan mampu meningkatkan kepercayaan diri.
Kepercayaan diri akan dibentuk dengan menjadi relawan. Sebab, kamu akan mendapat kemampuan baru, mengerjakan sebuah proyek dan menghadapi tantangan yang sulit.

2. Menjaga kesehatan mental
Saat menjadi relawan kamu akan sering kontak sosial untuk membantu orang lain sehingga akan berpengaruh mendalam terhadap kesejahteraan psikologis relawan.

3. Memperluas Jaringan
Relawan sangat perlu dengan jaringan atau networking. Networking juga sangat berpengaruh pada karir selanjutnya. Caranya, dengan menjalin relasi dengan baik.

Nah itulah arti dan manfaat menjadi relawan. Semoga bisa menambah pengetahuan untuk mengenal lebih dalam tentang arti relawan. Semoga kamu bisa jadi bagian relawan dan bermanfaat untuk masyarakat banyak.

0 Komentar