Uu Ingatkan Warga Jabar Agar Tidak Mudah Terkena Osteoporosis

Cianjurekspres.net – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menghadiri kegiatan perencanaan gerakatan Jawa Barat melawan osteoporosis di Stadion Arcamanik, Senin (12/9/2022). Dalam memomentum tersebut, Uu berharap warga Jawa Barat semakin peduli akan menjaga kesehatannya termasuk agar tidak mudah terkena penyakit osteoporosis.

“Kalau zaman dulu penyakit ini tuh menyerang orangtua di atas usia 50 tahun, kalau sekarang sudah banyak anak muda yang mendapatkan penyakit osteoporosis. Alasannya banyak, karena semakin dimudahkan dengan teknologi hingga akhirnya menjadi bermalas-malasan,” ucap Uu kepada wartawan setelah acara.

Uu menyebut, pemerintah selalu menginginkan kualitas kesehatan warganya meningkat setiap tahunnya. “Sehebat apapun pembangunan kalau warganya pada sakit itu tidak akan bermanfaat daerahnya, jadi semoga warga Jawa Barat bisa tumbuh sehat terutama anak mudanya. Karena anak muda adalah ujung tombak masa depan untuk bisa meneruskan tongkat estafet kepemimpinan,” jelasnya.

Baca Juga: Uu Minta Pengujian Kendaraan Bermotor Diperketat

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), Anita A Hutagalung mengatakan, gerakan ini merupakan kelanjutan dari program nasional yang dicanangkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Dirinya berharap, kegiatan ini tak hanya menjadi seremoni semata, namun jalan menuju hidup sehat dan kuat.

“Pencanangan yang kita lakukan hari ini menjadi titik awal baru bagi langkah pencegahan osteoporosis di Jawa Barat, dan akan terus digaungkan melalui pelatihan-pelatihan dan sertifikasi bagi para pelatih senam agar memiliki standar yang baku di seluruh Indonesia untuk memberikan informasi tentang osteoporosis, serta juga langkah apa yang harus dilakukan guna mencegahnya,” ujar Anita.

Anita pun mengingatkan kepada generasi muda untuk tidak terlena dan melakukan gaya hidup sehat. Pasalnya, osteoporosis tidak hanya menyerang kepada orang lanjut usia, namun anak muda pun rentan terpapar penyakit tersebut. Dirinya pun meminta agar kaum muda menjaga tulang mereka sejak dini.

“Osteoporosis disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat, seperti kurang olahraga, merokok, mengonsumsi minuman keras. Maka itu, hindarilah semua itu untuk kehidupan yang lebih produktif kedepannya,” papar Anita.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, 4 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, dr R Nina Susana Dewi menyambut baik dan mendukung upaya pencegahan osteoporosis. Terlebih, dari sekitar 50 juta penduduk Jawa Barat, 22 persen diantaranya menderita osteoporosis dan sebagian besar perempuan.

“Namun tidak semuanya lansia. Harus diingat bila kekurangan kalsium atau vitamin D bisa menyebabkan osteoporosis. Selain itu, alkohol, kafein, rokok juga dapat menyebabkan osteoporosis. Makanya hindari itu semua dan mulai hidup sehat,” ucap Nina.

Baca Juga: Dinkes Sebut Kecamatan Cianjur dan Cipanas Jadi Prioritas Penanganan Stunting

Sementara itu, Adeline Devita dari PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals) menuturkan, pihaknya sangat berkontribusi dalam pencegahan osteoporosis, salah satunya dengan mengeluarkan Entrasol Gold, susu bernutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang baik untuk menjaga kekuatan tulang dan kesehatan jantung.

“Ini juga harus dilengkapi dengan olahraga setiap harinya. Dan osteo dance yang tadi dicanangkan bisa berkontribusi dalam mencegah osteoporosis ditengah masyarakat,” jelasnya. (*/nik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.