Manfaat dan Cara Senam Mata, Untuk Atasi Mata Lelah

Manfaat dan Cara Senam Mata, Untuk Atasi Mata Lelah
Ilustrasi Senam Mata (Pixabay)
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.NET- Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting dilakukan, salah satu caranya dengan berolahraga.

Selain itu, adapula jenis olahraga yang dapat menjaga kesehatan mata yang disebut senam mata. Gerakan dalam senam mata bisa membantu meredakan mata lelah karena aktiivtas seharian.

Dikutip dari alodokter.com senam mata bisa bermanfaat untuk membuat mata lebih nyaman, mengatasi mata lelah, mencegah penglihatan buram, dan membuat penglihatan lebih fokus. Senam mata terbilang disarankan untuk dilakukan, apalagi jika kamu banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer.

Cara melakukan senam mata

1. Memutar Bola mata

Baca Juga:Pemkab Cianjur Bakal Perbaiki Tiga Jembatan di 2023Catat! I Rekomendasi 5 Website Loker Freelance Terbaik untuk Pelajar dan Mahasiswa

Memutar bola mata berlawanan dan searah dengan jarum jam, kemuadian ulangi lagi setiap 30 menit sekali. Hal ini sangat penting dilakukan untuk meregangkan pikiran dan mata yang tegang, apalagi bila bekerja dan duduk di depan layar komputer atau saat anda belajar dalam waktu yang cukup lama.

2. Tutup Mata dengan Telapak Tangan

Tutup mata, kemudian tutup lagi dengan kedua telapak tangan, ingat jangan terlalu rapat agar mata tidak tertekan saat ditutup. Hal ini dilakukan untuk membuat mata menjadi rileks, dan pastikan badan pun dalam keadaan rileks.

3. Fokus dengan Objek Lain

Bila mata sudah sangat lelah, dianjurkan untuk melihat objek lain disekitar anda selama kurang lebih setengah menit. Cobalah untuk memperbaiki fokus mata anda, berkediplah dengan cepat beberapa kali. Lalu pandanglah objek yang dekat dengan anda selama kurang lebih 15 detik, dan berkediplah lagi dengan cepat secara beberapa kali. Ulangi lagi beberapa kali agar mata anda menjadi rileks.

4. Memandang Objek Hijau

Selanjutnya ialah dengan memandang pepohonan di sekitar ruangan anda adalah lihatlah keluar ruangan anda, lihatlah warna hijau pepohonan disekitar ruangan anda. Lakukan hal ini selama 2 – 3 menit setiap 2-3 jam saat anda terus menerus menatap layar monitor. Hal ini dilakukan agar mata anda tidak terus menerus menatap warna yang terlalu cerah sehingga membuat mata lelah dan kepala pusing. Dengan melakukan hal ini akan memberikan visual yang lebih rileks dan sejuk di mata anda.

0 Komentar