Penyebab Overthinking di Malam Hari dan Cara Mengatasinya. Auto Semangat!

Penyebab Overthinking di Malam Hari dan Cara Mengatasinya. Auto Semangat!
Ilustrasi (Pixabay)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES.NET- Overthinking atau memikirkan sesuatu secara berlebihan menjadi sebuah fenomena yang sering dikeluhkan banyak orang.

Munculnya overthinking biasanya dikeluhkan terjadi saat malam hari, dimana seharusnya tubuh dan pikiran beristirahat. Namun pikiran-pikiran tentang masa depan justru muncul begitu saja.

Di malam hari, biasanya seseorang kembali mengingat-ingat kejadian buruk yang terjadi di masa lalu. Seseorang juga memikirkan kemungkinan-kemungkinan buruk yang belum tentu terjadi di masa di masa depan.

Dilansir dari berbagai sumber berikut penyebab overthinking dan cara mengatasinya.

Penyebab Overthingking

1. Pesimis

Baca Juga:Lagi Tren Fenomena Quiet Quitting di Kalangan Milenial, Apa Sih Itu?Cara Nonton Film Orphan: First Kill Sub Indo, Kisah Esther Si Psikopat

Merasa takut akan kegagalan, bahkan sebelum memulainya adalah tanda bahwa kamu seorang pesimis. Rasa pesimis akan membuat kamu justru semakin terjebak dalam keadaan yang tidak berkembang.

Biasanya, seseorang yang pesimis akan selalu merasa apa yang telah dikerjakan selalu kurang sempurna dan merasa tidak melakukannya dengan baik. Orang dengan sikap pesimis cenderung selalu berpikir negatif bahwa apa yang dikerjakannya akan berakhir pada kegagalan.

2. Cemas untuk hari esok

Orang yang sering overthinking biasanya sering kali mencemaskan apa yang akan terjadi pada esok hari. Faktanya, ketakutan yang kamu pikirkan tersebut belum tentu benar-benar terjadi.

3. Tidak Percaya diri

Kurang percaya diri atau insecure saat ini masih menjadi penyebab umum seseorang mengalami overthinking. Seseorang yang merasa kurang percaya diri akan merasa bahwa dirinya tidak sebaik orang lain. Ditambah lagi, konsumsi media sosial yang terus menerus dengan melihat berbagai postingan yang memperlihatkan capaian orang lain. Hal itu biasanya akan membuat seseorang merasa dirinya kecil dan belum bisa melakukan apa-apa.

Cara mengatasi overthinking, dilansir dari Alodokter berikut cara atasi overthinking.

1. Mencoba mencari tahu pemicunya
Cara mengatasi overthinking yang paling utama adalah mencari tahu pemicunya. Setelah mengetahui pemicunya, kamu bisa mulai mencari solusi untuk menyelesaikan masalah dari apa yang membuatmu overthinking.

Bila kamu merasa kesulitan menentukan pemicu dan solusinya, jangan ragu untuk meminta bantuan keluarga, teman terdekat, atau bahkan psikolog.

0 Komentar