Penyebab Overthinking di Malam Hari dan Cara Mengatasinya. Auto Semangat!

Penyebab Overthinking di Malam Hari dan Cara Mengatasinya. Auto Semangat!
Ilustrasi (Pixabay)
0 Komentar

2. Memberikan batasan waktu sebelum mengambil keputusan
Seseorang yang overthinking akan merasa kesulitan saat dihadapkan pada kondisi yang mengharuskan dirinya mengambil keputusan. Hal ini karena orang tersebut tidak ingin mengambil langkah yang salah.

Untuk mengatasinya, kamu dapat memberikan batasan waktu untuk mengambil keputusan agar tidak terus berlarut-larut dalam pikiran tersebut.

Selain itu, agar pikiranmu tetap fokus, kamu bisa membuat daftar prioritas akan solusi-solusi yang kamu hendak ambil. Kamu bisa mengurutkannya berdasarkan besarnya manfaat yang bisa diambil.

Baca Juga:Lagi Tren Fenomena Quiet Quitting di Kalangan Milenial, Apa Sih Itu?Cara Nonton Film Orphan: First Kill Sub Indo, Kisah Esther Si Psikopat

3. Mencari pengalihan
Setelah mengetahui pemicu dan menetapkan penyelesaiannya, kamu bisa mulai untuk mencari kesibukan lain yang menyenangkan. Hal ini bertujuan agar otak tidak terlalu fokus pada pemicu overthinking tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan meditasi untuk menjernihkan pikiran. Caranya, kamu harus berada di tempat tenang dan nyaman, lalu pastikan tubuh dalam keadaan rileks dan mulai atur napas sambil memikirkan hal-hal positif.

4. Merangkul rasa takut
Pastinya akan ada beberapa hal yang selalu berada di luar kendalimu. Belajar untuk menerima risiko yang akan terjadi nantinya bisa sangat membantu kamu untuk membatasi pikiran yang berlebihan. Jadi, jangan takut untuk menghadapi hal-hal buruk yang dapat terjadi, ya.

5. Menerima kegagalan
Selain itu, orang yang overthinking sering kali berpikir bahwa dirinya salah ketika mengalami kegagalan. Padahal, hal ini justru bisa memicu terjadinya stres.

Daripada menyesali hal-hal yang sudah terjadi, lebih baik kamu berpikir ke depan untuk menjadi lebih baik dan menjadikan kegagalan ini sebagai sebuah pelajaran.

Overthinking pastinya tidak akan hilang begitu saja, kamu bisa terus mengulangi cara mengatasi overthinking di atas agar dapat terhindar dari kondisi tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk terus bersyukur agar dapat membantu pikiran kamu untuk terus berpikir positif. (bbs/hsm)

 

0 Komentar