Dah Perih! Ini 4 Obat Sariawan yang Jarang Diketahui, Ada Garam dan Madu

Dah Perih! Ini 4 Obat Sariawan yang Jarang Diketahui, Ada Garam dan Madu
Canker sore on woman upper lip
0 Komentar

Cianjurekspres.net- Sariawan menjadi salah satu penyakit yang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya.

Pasalnya sariawan yang timbul di mulut menyebabkan rasa perih sehingga bisa menyulitkan untuk makan.

Diketahui munculnya sariawan akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh.Namun anda jangan khawatir, ternyata ada obat sariawan alami yang diklaim ampuh lho

1. Berkumur dengan Larutan Garam

Baca Juga:Hindari! 4 Bahaya Tidur Dekat HP, Berisiko Kena Kanker5 Rumah Makan Nasi Liwet di Cianjur, Sedap dengan Harga Terjangkau!

Larutan garam diketahui efektif untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terkena sariawan.

Caranya, mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat, lalu berkumur menggunakan larutan tersebut selama 15–30 detik. Selain garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai obat sariawan alami.

2. Teh chamomile

Chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan levomenol, yang dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Rendam kantong teh chamomile di dalam air hangat. Kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut selama kurang lebih 5 menit sebanyak 3–4 kali sehari.

3. Madu

Selain chamomile, madu juga memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga baik untuk dijadikan obat sariawan alami. Anda dapat mengoleskan madu ke luka sariawan sebanyak 3–4 kali sehari hingga sariawan sembuh.

4. Sayuran dan buah-buahan

Agar sariawan bisa cepat sembuh, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi, dan folat. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. (Disway.id/hsm)

0 Komentar