Sebanyak 300 Calon Kades Siap Berkompetisi di Pilkades Cianjur 17 Juli Mendatang

Sebanyak 300 Calon Kades Siap Berkompetisi di Pilkades Cianjur 17 Juli Mendatang
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Sebanyak 300 calon kepala desa (kades) dari 77 desa di Cianjur siap berkompetisi di pemilihan kepala desa (Pilkades) pada 17 Juli mendatang. Panitia juga diimbau untuk tetap menjaga netralitas.

Kabid Penataan dan Kerja Sama Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, Dendy Kristanto mengatakan, dari 77 desa kemarin, total keseluruhan yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon itu sebanyak 357 orang.

“Dari 77 desa itu ada sekitar 20 desa yang calonnya lebih dari lima orang, terakhir dengan Desa Wanasari itu calonnya lebih dari lima orang,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, saat ditemui di ruangannya, Senin (20/6/2022).

Baca Juga:Ratusan Atlet Karate Ikuti Kejuaraan BKCAOPGI Cianjur Sabet Juara di Lomba Kebut Gunung di Forprov Jabar 2022

Dendi melanjutkan, untuk desa desa yang calonnya lebih dari lima orang, sesuai Perbub 41 junto 42 bahwa mereka harus mengikuti seleksi tambahan berupa seleksi administrasi dan tes tertulis.

“Untuk tes tertulis sendiri dilaksanakan di Unsur pada tanggal 10 Juni yang lalu, plus kemarin hari Minggu 18 Juni untuk Desa Wanasari, jadi total ada 20 desa,” ungkap dia.

Kemudian, lanjut Dendi, dari 20 desa itu telah ditetapkan yang lolos berdasarkan seleksi ada lima calon dari lima desa dengan total ada 100.

“Sekarang yang sudah ditetapkan berdasarkan data di kami keseluruhan kurang lebih ada 300 orang yang akan berkompetisi di 77 desa pada tanggal 17 Juli,” kata Dendy.

Sementara itu, Dendy mengungkapkan, untuk tahapan hingga hari ini, Senin (20/6), adalah batas pengumuman calon yang sudah ditetapkan.

“Mulai besok, Selasa (21/6) tahapannya adalah tahapan pembenahan daftar pemilih tambahan. Karena awalnya mereka sudah ada di DPS, kemudian nanti ditetapkan sebagai DPT,” ungkap Dendy.

Selain itu, DPMD Kabupaten Cianjur juga mengimbau seluruh Badan Pengawas Desa (BPD), Camat, dan Panitia Pilkades agar bekerja secara profesional dan tetap menjaga netralitas.

Baca Juga:Rumah Mak Uum Warga Haurwangi Cianjur yang Ambruk Mulai DibangunGaruda Napas

“Dan kepada para calon yang sudah ditetapkan silahkan berkopetisi secara baik dengan niat kita adalah mengabdi,” kata Dendy.

“Karena apapun hasil Pilkades nanti yang juara adalah masyarakat desa setempat, bukan hanya bicara satu calon, tetapi juga kemenangan seluruh desa,” tambah Dendy.(dik/hyt*)

0 Komentar