19 Juni Ada Apa? Peringatan Hari Ayah Sedunia Hingga Peristiwa Penting Dunia

19 Juni Ada Apa? Peringatan Hari Ayah Sedunia Hingga Sejarah Penting Dunia
Jika Hari Ayah Nasional diperingati pada 12 November, maka tepat hari Minggu, 19 Juni ini diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia. (Pixabay)
0 Komentar

Cianjurekspres.net- Jika Hari Ayah Nasional diperingati pada 12 November, maka tepat hari Minggu, 19 Juni ini diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia.

Hari Ayah Sedunia diperingati sejak tahun 19 Juni 1910 di Washington Amerika Serikat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para ayah di seluruh dunia.

Peringatan ini berawal dari seorang seorang anak bernama Sonora Smart Dodd mendengarkan pidato Hari Ibu di Gereja. Setelah itu, Ia ingin menetapkan sebuah hari untuk Ayahnya, William Jackson Smart.

Baca Juga:5 Lagu Bikin Gagal Move On, Hati-hati di Jalan Hingga Glimpse of UsLuncurkan Santri Digitalpreneur, Sandiaga Uno Targetkan 2 Juta Lapangan Kerja

Ibu Dodd meninggal saat melahirkan. Oleh karena itu, sang ayah yang mengurus Dodd beserta lima saudara lainnya. Ayah Dodd adalah seorang veteran Perang Sipil.

Awalnya, Dodd ingin merayakan Hari Ayah Sedunia pada tanggal 5 Juni sesuai dengan ulang tahun ayahnya. Ia juga mengajukan petisi agar hari tersebut diakui di kotanya dan menjadi hari libur.

Pada perayaan Hari Ayah Sedunia yang pertama, beberapa anak perempuan akan memberikan bunga mawar merah kepada ayah mereka selama kebaktian Gereja. Hal ini sebagai apresiasi kepada ayah mereka yang masih hidup, sedangkan mawar putih untuk ayah mereka yang sudah meninggal.

Di Indonesia, perayaan hari ayah sedunia kurang masif dilakukan karena ada hari tersendiri untuk sang ayah yakni pada bulan November.

Selain diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia, ada beberapa peristiwa penting yang juga terjadi di tanggal 19 Juni.

1938 – Final Piala Dunia FIFA 1938: Italia menjuarai Piala Dunia FIFA 1938 setelah mengalahkan Hongaria 4-2.

1944 – Pertempuran Laut Filipina dimulai antara Angkatan Laut Amerika Serikat dan Angkatan Laut Jepang.

Baca Juga:Resmi Menikah, Siapa Suami Sivia Azizah Eks Blink?BRI Meriahkan Peluncuran TheFoodhall Plaza Senayan Lewat Kegiatan Shop for Free with BRImo

Tahun 1945, di Indonesia, dalam Perang Pasifik, terjadi pertempuran Tarakan di Pulau Tarakan dimana blok Sekutu menang.

Tahun 1961, Negara Kuwait mendeklarasikan kemerdekaan dari Britania Raya.

Tahun 1971, peristiwa pembantaian Manili dimana diperkirakan sebanyak 70 muslim meninggal dunia.

Tahun 1978, komik Garfield dengan tokoh utama kucing oren gendut diterbitkan di Amerika Serikat.

0 Komentar