Volume Sampah di TPA Pasirsembung Naik 5 Persen Pasca Lebaran

Volume Sampah di TPA Pasirsembung Naik 5 Persen Pasca Lebaran
MENUMPUK: Nampak tumpukan sampah di jalur protokol Cipanas sebelum diangkut ke TPA.(Ayi Sopiandi/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pasca libur lebaran 1443 Hijriah, volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pasirsembung di Jalan Raya Cilaku – Cibeber Kabupaten Cianjur mengalami peningkatan hingga lima persen.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, peningkatan volume sampah tersebut sumbangan dari 14 Kecamatan di Kabupaten Cianjur salah satunya dari wilayah Cianjur Utara.

Koordinator Rumah singgah sampah Cipanas, Dede Ikhsan atau yang akrab disapa Ading mengatakan, setelah lewatnya libur lebaran kemarin ceceran sampah yang ada di jalur protokol Cipanas dan Pacet begitu banyak sehingga perlu bekerja ekstra untuk memungut dan memilah sampah.

Baca Juga:TMMD akan Betonisasi Jalan di Cibadak CibeberDua TKW Asal Cianjur Terjebak di Daerah Konflik di Irak

“Jalan Raya Cipanas dan Pacet ini menjadi jalur utama bagi mereka pengunjung atau pun wisatawan datang untuk berlibur. Terlebih disaat arus lalulintas macet parah,” kata Ading, Selasa (17/5).

Ading mengatakan, dari sekian banyak ceceran sampah yang ada di jalur protokol Cipanas dan juga Pacet hingga saat ini terus dilakukan pembersihan bersama tim dari rumah singgah sampah Cipanas.

“Sampah yang sudah terkumpul, terlebih dahulu ditampung sementara untuk dipilah lalu nantinya diangkut armada dari Dinas Lingkungan Hidup Cianjur,” katanya.

Menurutnya, jika dalam hitungan persen kurang lebih ada 10 persen sampah yang perlu diangkut oleh armada DLH.

“Saat ini sisanya kurang lebih masih tersisa tiga persen lagi sampah liar yang tercecer dari jumlah 10 persen,” kata Ading.

Dikatakan Ading, dalam hitungan jumlah sampah dalam setiap harinya dirata-ratakan per satu KK menghasilkan sampah rumahan kurang lebih 1/2 kilogram.

“Silahkan saja dikalikan sendiri, jika dalam satu desa berpenduduk misal ada seribu KK dikalikan 1/2 kilogram, belum lagi disaat libur panjang kemarin. Berapa banyak sampah yang dihasilkan,” ucapnya.

Baca Juga:SPN Tagih Janji Bupati Cianjur Soal Sejahterakan Buruh dan KeluarganyaSetahun Pemerintahan ‘Sibuk’ Ngurus Korona

Sementara itu, Kepala Bidang Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Neneng mengatakan, pasca libur lebaran 1443 Hijriah kemarin mengalami peningkatan hingga lima persen.

“Iya ada peningkatan sampah pasca libur lebaran kemarin, jika dihitung secara persentasi kurang lebih lima persen,” ungkapnya.

0 Komentar