oleh

SPN Tagih Janji Bupati Cianjur Soal Sejahterakan Buruh dan Keluarganya

Cianjurekspres.net – Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Cianjur, Hendra Malik, menagih janji Bupati Cianjur, Herman Suherman yang ingin mensejahterakan buruh Cianjur beserta keluarganya.

Menurutnya, pernyataan bupati tersebut disampaikan pada saat kampanye 2019 lalu. Yakni, selain ingin mensejahterahkan buruh, keluarganya pun harus sejahtera.

“Saya mewakili buruh Cianjur, hanya menagih janji apa yang disampaikan bupati pada saat kampanye tahun 2019 lalu,” kata Hendra, Selasa (17/5).

Baca Juga: Setahun Pemerintahan ‘Sibuk’ Ngurus Korona

Hendra menegaskan, momentum peringatan hari buruh internasional atau may day tahun ini tidak ada salahnya menagih janji bupati tersebut untuk direalisasikan.

“Dalam kesempatan kegiatan Mayday, SPN Cianjur menyampaikan sebundel dokumen yaitu draf rancangan peraturan bupati (perbup) dan rancangan peraturan daerah (perda) tentang ketenagakerjaan,” ucapnya.

Dirinya mengatakan, dokumen rancangan perbup dan perda tersebut menjadi tuntutan SPN Kabupaten Cianjur kepada Pemkab Cianjur.

“Kami menyampaikan draf perbup dan perda kepada bupati dan Ketua DPRD melalui Kepala Dinas Ketenagakerjaan, sehubungan bupati dan Ketua DPRD berhalangan hadir pada acara may day kemarin,” ungkap Hendra.

Baca Juga: Jokowi: Masyarakat Boleh Lepas Masker di Area Terbuka

Tuntutan yang disampaikan merupakan sebuah resolusi SPN, yaitu mengenai Jaminas Sosial Semesta Sepanjang Hayat (JS3H) dari lahir sampai meninggal tanpa diskriminasi.

“Kami meminta bukti kecintaan bupati dan Ketua DPRD kepada buruh dan masyarakat Cianjur dengan cara membuat dan menerbitkan perbup dan perda tentang ketenagakerjaan,” jelas Hendra.

Hendra mengatakan, jaminan sosial semesta sepanjang hayat adalah jaminan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia, tanpa terkecuali dari lahir sampai meninggal dunia. Konsep ini harus diwujudkan agar seluruh buruh dan masyarakat Cianjur khususnya dan rakyat Indonesia pada umumnya dari bayi sampai manula memiliki kepastian jaminan sosial sehingga kesejahteraan masyarakat Cianjur dapat terjamin.

Baca Juga: Kemendag Kolaborasi dengan Kementerian BUMN Luncurkan Program MigorRakyat

“Sudah saatnya buruh dan masyarakat Cianjur menikmati jaminan pekerjaan, jaminan pendapatan, dan jaminan sosial,” harapnya.

Hendra Malik menegaskan, sekarang bupati sudah waktunya membuktikan kecintaan dan perhatian kepada masyarakatnya. Lanjutnya, kalau memang sayang kepada buruh dan masyarakat Cianjur, pasti akan secepatnya direalisasikan, sebaliknya kalau tidak cinta ya pasti di abaikan.

“Ingat, janji itu hutang loh, dan bupati pernah berjanji akan mensejahterakan buruh Cianjur dan keluarganya, nah sekarang lah waktunya membayar hutang itu,” pungkasnya.(yis/hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.