oleh

Anggota DPRD Berharap Bupati Membentuk Gugus Tugas Persiapan Menyambut CDPOB Cianjur Selatan

Cianjurekspres.net – Anggota DPRD Kabupaten Cianjur, Igun Hendra Gunawan, menegaskan, persiapan menyambut Calon Daerah Persiapan Otonom Baru (CDPOB) Cianjur Selatan harus benar-benar dilakukan sejak sekarang.

Bahkan menurut Igun, jika pemda benar- benar komitmen terhadap pemekaran daerah ini, Bupati Cianjur harus mengambil inisiatif memimpin program strategis ini.

Baca Juga: Bupati Cianjur: Persiapan Infrastruktur Dipercepat

Pasalnya, keberhasilan pemekaran Cianjur akan menunjang capaian Pemda Cianjur karena program penataan wilayah atau pemekaran ini ada dalam dokumen RPJMD Kabupaten Cianjur.

“Sampai pada titik ini, secara keseluruhan kami belum melihat bahwa Pemda Cianjur benar-benar fokus menggarap persiapan pemekaran. Belum kelihatan “geregetnya”. Jangan sampai ada kesan Pemda Cianjur itu baru bergerak, baru bekerja serius setelah “didorong-dorong” oleh para pegiat pemekaran,” kata Igun dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/4/2022).

“Kedepan kami berharap Bupati Cianjur membentuk semacam gugus tugas yang bertugas untuk mengkoordinasikan kegiatan antarlembaga dalam upaya persiapan menyambut CDPOB. Bekerja dan bertanggung jawab langsung kepada Bupati Cianjur. Karena persiapan penataan wilayah ini menurut kami tidak cukup diserahkan kepada satu OPD, harus lintas sektoral,” sambungnya.

Baca Juga: Bupati Harap Presiden dan DPR RI Setujui Usulan DOB Kabupaten Cianjur Selatan

Sekretaris Komisi C DPRD Kabupaten Cianjur ini, menilai, persiapan menyambut CDPOB tidak hanya membangun sarana infrastruktur, seperti jalan, pendopo, atau kantor-kantor pemerintahannya.

“Tapi harus menggarap juga sektor ekonomi, sosial dan budayanya. Bagaimana pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dikembangkan. Bagaimana migrasi penduduk diantisipasi. Bagaimana memelihara budaya lokal. Bagaimana tata kotanya disusun. Semua harus direncanakan secara baik dan komprehensif. Dipersiapkan secara matang,” tukas Igun yang merupakan wakil rakyat daerah pemilihan cianjur selatan.

Baca Juga: DOB Kabupaten Cianjur Selatan Tinggal Selangkah Lagi

Lebih lanjut Politisi Partai Golkar itu mengatakan, paling penting adalah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Pusat dan Anggota DPR RI supaya CDPOB Cianjur Selatan mendapatkan prioritas ketika moratorium pemekaran daerah dibuka. Jangan sampai ketinggalan oleh kabupaten lain.

“Jika hal tersebut dilakukan oleh Pemda Cianjur, kami meyakini ini akan jadi catatan sejarah yang sangat baik. Tinta emas bagi Bupati Cianjur H. Herman Suherman,” tandas Igun.(hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.