Bisa-bisanya Pemkab Cianjur Merusak Cagar Budaya Jabar!

Bisa-bisanya Pemkab Cianjur Merusak Cagar Budaya Jabar!
0 Komentar

“Kalau yang masuk Kawasan Kota Lama itu ranahnya provinsi. Jadi Pemda Cianjur tidak mempunyai kewenangan untuk merubah atau membongkar Cagar Budaya yang masuk Kawasan Kota Lama, kecuali ada izin dari Provinsi, soalnya SK nya dari Gubernur langsung,” jelas Budi.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman, mengakui pembongkaran SMAN 2 Cianjur dilakukan berdasarkan izin dari tingkat kabupaten. Padahal seharusnya perizinan untuk pembongkaran tersebut menjadi kewenangan Provinsi Jawa Barat. Apalagi bangunan tersebut masuk dalam Kawasan Kota lama yang kewenangannya ada di provinsi.

“Izinya ditingkat kabupaten. Jadi kita bongkar untuk dimanfaatkan kepentingan Pemda yang sekarang menjadi bangunan Sekda,” katanya.

Baca Juga:Produk OPOP Jabar Go InternationalBRI Dorong Ekosistem Digital di Lingkungan Pesantren

Namun Herman mengaku, untuk menjaga kelestarian Cagar Budaya pemerintah kembali membangun SMAN 2 Cianjur yang sempat dibongkar sebelumnya.

“SMA 2 Cianjur yang menjadi Cagar Budaya dan sekarang masih dibangun untuk mengingat sejarah SMA 2 Cianjur yang Insya Allah akan dimanfaatkan oleh Pemkab Cianjur,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Dewan Cagar Budaya Jawa Barat, Lutfi Yondri, mengungkapkan, sebelumnya pihak pemerintah Cianjur pernah berjanji tidak akan membongkar bangunan Cagar Budaya SMAN 2 Cianjur, namun hanya melakukan rehabilitasi.

“Kita tidak pernah mengeluarkan rekom untuk pembongkaran dan pembangunan Cagar Budaya SMAN 2 Cianjur,” papar Lutfi.

Pihaknya membawa konsep kawasan Kota Lama Cianjur dengan tujuan untuk mengurai kunjungan ke Gunung Padang, karena Cianjur pernah jadi Kota Priangan dan SMAN 2 Cianjur masuk ke kawasan tersebut.

“Tadinya berharap ketika direhabilitasi bisa dikombinasikan dengan konsep dari provinsi. Bukan malah dihancurkan. Itu mereka janji tidak akan dihancurkan,” jelas Lutfi.

Menurutnya, setelah Cagar Budaya SMAN 2 Cianjur dilakukan pembongkaran dan sekarang dibangun kembali, mereka harus memperhatikan konsep keasliannya seperti apa mengingat Cianjur belum memiliki tenaga ahli soal Kebudayaan.

Baca Juga:Ecky Awal Mucharam Ungkap Salah Satu Problem Berat Sebagian Masyarakat di Tengah PandemiPengendara Motor Tewas Usai Tabrak Truk Pengangkut Kayu

Bahkan pihak provinsi sempat menegur Disdikbud Cianjur terkait pembongkaran bangunan Cagar Budaya SMAN 2 Cianjur.

“Yang harus diperhatikan pemkab Cianjur konsep bangunannya mau seperti apa keasliannya. Kita sempat menegur Disdik Cianjur terkait pembongkaran SMAN 2 Cianjur. Namun sejak itu tidak pernah ada kabar lagi terkait rencana apa yang akan dibangun Pemda untuk bangunan SMAN 2 Cianjur,” ungkapnya.

0 Komentar