IPM Cianjur Masih Terendah di Jawa Barat

Cianjurekspres.net – Koordinator Fungsi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik, BPS Cianjur, Warji Permana mengatakan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terdiri dari tiga komponen diantaranya pendidikan, kesehatan, dan pengeluaran perkapita.

“Kalau berkaitan dengan IPM ada tiga komponen diantaranya ada pendidikan, kesehatan, dan pengeluaran perkapita. Kalau saya lihat di Cianjur ini terjadi fenomena rata lama sekolah ini masih berada dibawah, hal tersebut menunjang terjadinya peningkatan angka kemiskinan,” kata Warji, belum lama ini dilansir dari Harian Umum Cianjur Ekspres.

Warji mengatakan, dari komponen kesehatan adalah lama hidup, pendidikan terdiri dari dua sub komponen diantaranya, harapan lama sekola (HLS) dan rata-rata lama sekolah (RLS) dan dari komponen ekonomi adalah pengeluaran perkapita.

“Dari IPM saja sudah beberapa komponen yang perlu diperbaiki, mulai dari pendidikan diantaranya HLS, RLS, dan ekonomi ada pengeluaran perkapita,” jelasnya.

Warji mengatakan, di Cianjur ini terjadi fenomena rata-rata lama sekolah, atau harapan lama sekolahnya masih berada dibawah.

“Untuk tahun 2020 saja, posisi RLS atau HLS berada di posisi atau sebesar 7,8 persen,” katanya.

Dalam hal ini lanjut Warji, bahwa BPS ini bukan instansi di daerah akan tetapi instansi vertikal yang bertanggung jawab langsung ke Presiden RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.