oleh

Coba Lima Menu Makanan Ini untuk Tetap Menghangatkan Tubuh

Cianjurekspres.net – Di cuaca dingin penting untuk menjaga tubuh tetap bugar. Sebaiknya hangatkan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 makanan enak untuk menghangatkan tubuh:

  1. Daging Merah

Daging merah seperti sapi, kambing, kerbau atau domba merupakan sumber zat besi yang baik, serta mampu bisa menjadi pilihan makanan sehat di cuaca dingin. Zat besi merupakan mineral yang penting untuk membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sebab orang dengan zat besi rendah mudah mengalami dingin dan mudah kelelahan.

Khasiat daging merah juga dapat memberikan asupan vitamin B12 yang diperlukan tubuh. Vitamin B12 tersebut berkontribusi pada saraf yang sehat dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

  1. Aneka Sup

Makanan berkuah sering diandalkan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Salah satunya adalah sup hangat yang bisa diracik dengan berbagai bahan. Mulai dari daging hingga sayuran. Kamu bisa membuat sup labu misalnya.

Labu mengandung vitamin C yang berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Supaya lebih berkhasiat, bisa juga menambahkan bawang putih. Bawang putih memiliki sifat anti inflamasi dan bawang putih benar-benar berfungsi sebagai makanan antibiotik danantijamur. Bisa juga menambahkan cabai yang kaya vitamin C dan kaldu ayam agar lebih gurih.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar enak dinikmati kapan saja, termasuk saat cuaca dingin. Mengonsumsi ubi jalar ternyata bisa meningkatkan suhu tubuh. Umbi-umbian ini juga tinggi vitamin A dan vitamin C. Ubi jalar juga kaya akan kaliam yang menjadikan ubi jalar sebagai makanan penambahan serat yang baik saat udara dingin. Ubi jalar dapat diolah praktos dengan cara direbus.

  1. Nasi Merah

Nasi merang identik sebagai makanan diet karena kandungan karbohidrat kompleks. Selain untuk diet, nasi merah juga cocok sebagai makanan untuk menghangatkan tubuh.Berbeda dengan nasi putih dan olahan tepung yang mengandung karbohidrat sederhana, sehingga dapat meningkatkan gula darah dengan waktu yang cepat.

  1. Pisang

Buah berkulit kuning ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Pisang mengandung vitamin B dan magnesium. Selain itu, pisang juga dapat meningkatkan suasana hati.(dtk/nik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *