Gajah Mufarraqah

1000 Tahun
ilustrasi disway.(net)
0 Komentar

INI bukan soal meme mahasiswa BEM UI dan UGM. Itu sangat serius. Ini soal sepele: soal gajah tanpa Mada.

Gajah-gajah itu meninggalkan kampus mereka. Pertanyaannya: ke mana rombongan gajah itu akan pergi. Mengapa mereka pergi. Lebih serius lagi: apakah ada represi di kampus mereka sehingga mereka pergi.

Jumlah rombongan gajah itu 15 ekor. Mereka terus berjalan beriringan ke arah utara. Pemerintah komunis Tiongkok tidak merepresi mereka. Gajah-gajah itu dibiarkan saja. Ke mana pun mereka melangkah tidak dihalangi.

Baca Juga:Jadi Financial Supermarket, Bisnis Wealth Management BRI Semakin LuasRidwan Kamil: Laporan Anggaran Pemprov Jabar di 2020 Masih Wajar Tanpa Pengecualian

Pemerintah hanya memonitor pergerakan itu. Termasuk dari udara. 24 jam sehari. Dengan teknologi modern. Termasuk mengerahkan 14 buah drone.

Dari drone itu filmnya diunggah secara live. Disiarkan luas oleh medsos. Jadilah tontotan serial live yang mendemamkan di masyarakat. Tiap saat siaran live ini menjadi gunjingan di medsos.

Begitu jauh mereka melangkah. Sampai HUT ke-100 Partai Komunis Tiongkok tanggal 1 Juli, sudah 500 Km rombongan gajah itu melakukan perjalanan.

Lebih sebulan lalu mereka meninggalkan habitat asal di dekat perbatasan Myanmar. Menuju Utara. Terus ke Utara.

Siaran live itu berubah menjadi menegangkan ketika 15 gajah tersebut mendekati area perkampungan penduduk. Kian dekat. Tambah dekat. Ada kekhawatiran: jangan-jangan mereka akan mengamuk di kampung itu.

Berdasar siaran pergerakan itu pemerintah memberi tahu penduduk kampung. Terutama kampung yang jadi sasaran kabilah gajah. Mereka diminta mengungsi. Mereka dilarang mengganggu. Apalagi melawan. Gajah adalah salah satu binatang yang membahayakan.

Sebagian penduduk mengungsi. Sebagian lagi tetap di rumah. Tetap bertani. Kampung itu di pegunungan. Di pinggir hutan. Kalau harus mengungsi jaraknya dengan kampung sebelah cukup jauh. Juga naik turun gunung.

Baca Juga:Penjualan Tabung Oksigen di Cianjur Meningkat 200 PersenRatusan Warga Desa Ciandam Mande Ikuti Pengobatan Gratis

Rombongan gajah itu akhirnya benar-benar memasuki kampung. Petani setempat tidak takut. Mereka justru menyiapkan makanan untuk gajah: nanas, jagung, dan sayuran.

Banyak sekali nanas di kawasan itu. Saya pernah melihat potensi nanas di kawasan dekat perbatasan Myanmar itu. Di Kabupaten Xi Shuang Banna –wilayah paling Selatan provinsi Yunnan, Tiongkok. Ada pabrik jus nanas di situ.

Di kampung itu tidak terjadi apa-apa. Tidak ada gajah mengamuk. Mereka merasa sudah sangat kenyang.

0 Komentar