Sekarang di Cianjur Sudah Ada Pelatihan Pembudidaya Ikan

Sekarang di Cianjur Sudah Ada Pelatihan Pembudidaya Ikan
(Foto: Fajrin/Diskominfo Jabar)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pembudidaya Ikan Milenial (PIM) yang merupakan bagian dalam program Petani Milenial Pemerintah Provinsi Jawa Barat di bidang perikanan terus berproses. Saat ini para peserta program sedang menjalani berbagai sesi latihan menjadi pembudidaya ikan. Salah satunya adalah Rian Iskandar.

Setelah dinyatakan lolos, Rian langsung mengikuti berbagai pelatihan, mulai dari membangun sistem bioflok sampai pemberian pakan ikan.

Menurut Rian, pelatihan yang diberikan terarah dan selaras dengan kebutuhan. Semua materi yang diajarkan pun dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya sebagai pembudidaya ikan, serta berguna untuk masa depan.

Baca Juga:Sekarang Jabar Punya UMKM Center di 5.312 DesaPermudah Pelanggan Bayar Rekening Air, Perumdam Tirta Mukti dan BRI Cianjur Teken MoU

“Setelah peluncuran PIM, kami langsung terjun ke lapangan. Melihat proses pembudidayaan dan mengimplementasikannya. Mulai dari pemilihan ikan dari air tanah, lalu ke kolam karantina, sampai ikan ditebar ke bioflok,” kata Rian dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/6/2021).

Rian sendiri menjadi satu dari 10 peserta PIM yang membudidayakan ikan nila di 60 bioflok di PSDKP WS Ciherang, Kabupaten Cianjur. Ia menuturkan, selain mendapatkan pelatihan, dirinya bisa memperluas jaringan untuk membuka lapangan kerja sebagai pembudidaya ikan.

“Motivasi saya sebenarnya ingin belajar karena di sini anak-anak (peserta PIM) memiliki latar belakang berbeda. Kita sama-sama berbagi dan dapat ilmu, kita juga bisa memperluas jaringan,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Rizki Fadilah. Sebagai peserta PIM, ia berkeinginan membuka lapangan kerja seluas-luasnya di kampungan halamannya di Kabupaten Ciamis, dan menjadi role model bagi pemuda Jabar yang berminat membudidayakan ikan.

“Saya ingin menjadi pembudidaya yang tangguh, yang terampil, dan menjadi contoh bagi pembudidaya-pembudidaya muda agar semangat sekaligus memberikan warna bagi sektor perikanan di Jabar,” ucap Rizki.

Rizki pun mengatakan, dukungan dari Pemerintah Provinsi Jabar, mulai dari fasilitasi lahan, penyiapan kolam bioflok, benih ikan, mes, sampai pelatihan, dapat memicu dirinya dan rekan-rekannya untuk terus belajar menjadi pembudidaya ikan yang sukses.

“Setelah mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang banyak, saya ingin kembali ke desa dan menerapkan budidaya ikan dengan bioflok di sana. Dan membuka lapangan kerja,” katanya.(rls/nik)

0 Komentar