Holding Ultra Mikro akan Ciptakan Banyak Sentra UMKM Baru di Luar Jawa

Erick Thohir: 30 Persen Dana CSR BUMN untuk Pendidikan
Menteri BUMN Erick Thohir.(net)
0 Komentar

Dia melanjutkan, skema tersebut tetap akan sehat bagi holding. Pasalnya, modal dan likuiditas secara konsolidasi masih sangat kuat. “Terlebih sinergi operasional dan dana akan menciptakan efisiensi yang lebih kuat yang mampu menjaga keberlangsungan holding ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kementerian BUMN memastikan proses pembentukan holding ultra mikro pada tahun ini berjalan lancar. “Alhamdulillah, proses pembentukan holding ultra mikro sejauh ini sudah sangat baik. Ini hanya menunggu tanda tangan PP dari banyak kementerian,” kata Menteri BUMN Erick Thohir, Rabu (2/6).

Erick menegaskan dengan holding ini, pemerintah akan mendorong suku bunga pembiayaan ultra mikro lebih rendah. Langkah ini ditujukan untuk mempercepat ekspansi pembiayaan holding dan peningkatan kinerja ultra mikro hingga naik kelas. “Hal utama yang akan kami dorong adalah suku bunga dari PNM ke depannya lebih rendah,” sebutnya.

Baca Juga:Pemerintah Putuskan Tak Berangkatkan Jemaah Haji Tahun IniSoal Bank Digital, Ini Pandangan Dirut BRI

Menurut Erick, saat ini belum terdapat sinergi yang kuat dari berbagai lapisan BUMN dalam mendorong pertumbuhan UMKM.

Padahal UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia sehingga segmen itu pun perlu didorong pertumbuhannya dan dilindungi dari dampak pandemi Covid-19. Karena itu, pihaknya mengupayakan pembentukan holding ultra mikro sebagai bentuk sinergi dan penegasan fokus bisnis BUMN.(rls/hyt)

0 Komentar