oleh

Jadi ‘Rebutan’ Lima Pejabat, Fraksi PKS Ungkap Sosok yang Layak Jabat Sekda Cianjur

Cianjurekspres.net – Kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur diperebutkan lima pejabat yang mendaftar. Kelimanya adalah, Inspektur Inspektorat Kabupaten Cianjur, Arief Purnawan, Kepala DPMPTSP Kabupaten Cianjur, H. Cecep S. Alamsyah, Kepala BPKAD Kabupaten Cianjur, R. Dedi Sudrajat, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setda Daerah Kabupaten Cianjur, Henry Ferdian Martin serta Kadiskominfosantik Kabupaten Cianjur, Tedy Artiawan.

Terkait hal ini, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Kabupaten Cianjur menginginkan agar proses seleksinya segera di selesaikan. Pasalnya, kursi Sekda definitif sudah lama kosong dan dua kali di jabat oleh Pelaksana Harian (Plh) maupun Penjabat (Pj) dari provinsi.

“Sebaiknya memang ketika peluang itu terbuka, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, ini harus segera di proses dan alhamdulillah saya mendengar bahwa prosesnya sudah dilaksanakan oleh panitia seleksi dan sudah ada lima pejabat yang mendaftar,” ujar Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Cianjur, Asep Riyatman, Sabtu (17/4/2021).

Asep mengatakan, pihaknya menginginkan agar proses di panitia seleksi dilaksanakan secara terbuka khususnya yang berkaitan dengan verifikasi persyaratan dari kelima pejabat yang sudah mendaftar tersebut. Terlebih nantinya, panitia seleksi akan memilih tiga orang yang terbaik untuk kemudian nantinya diserahkan kepada Bupati Cianjur selaku Pejabat Pembina Kepegawaian dan memilih salah satu dari ketiganya.

“Tentu saja memang proses ini akan butuh waktu, terutama apalagi memang saya lihat yang mendaftar saat ini lima itu termasuk orang-orang yang berpengalaman dan pejabat senior di Kabupaten Cianjur,” katanya.

“Yang paling penting mekanisme semuanya itu dijalankan secara terbuka dan kalau memang ada kesempatan untuk masyarakat diberikan ruang memberikan pendapatnya kenapa tidak. Terutama dari masyarakat birokrasi yang siapapun menjadi Sekda kedepannya akan memimpin mereka,” imbuhnya.

Meskipun menurutnya, pendapat masyarakat  tidak menjadi bagian dari salah satu syarat lolos atau tidaknya. Kalau memang tidak memungkinkan, Asep berharap nantinya pansel mengumumkan hasil verifikasi tiga orang yang terbaik dari lima orang pendaftar untuk diserahkan kepada Bupati Cianjur.

“Terkait dengan siapa yang paling layak menjadi Sekda di Kabupaten Cianjur tentu saja bupati lebih tahu kondisi dan kebutuhannya saat ini,” katanya.

Asep mengungkapkan, sosok yang layak untuk menempati posisi Sekda Kabupaten Cianjur harus memiliki empat hal. Pertama, harus nyambung dan mempunyai chemistry (hubungan) tinggi dengan Bupati.

Lalu yang kedua, siapapun Sekda terpilih nanti harus menjadi seorang pemimpin bagi seluruh birokrat yang ada di Kabupaten Cianjur. “Bisa membina dan bisa mewakili, tidak harus tua menurut saya dan tidak harus juga yang pernah berpengalaman. Karena buat apa kalau memang pengalamannya kurang bagus,” ucapnya.

Ketiga, lanjut Asep, Sekda harus bisa menjadi jembatan antara Pemerintah Kabupaten Cianjur dengan legislatif dalam hal ini DPRD. Karena dalam prakteknya, Sekda sangat berperan terkait dengan anggaran maupun pembuatan peraturan daerah (Perda). ” Untuk itu juga seorang Sekretaris Daerah kedepannya itu juga harus bisa menjadi jembatan atau bisa menjembatani antara keinginan bupati dengan kebutuhan masyarakat yang di wakili oleh DPRD Kabupaten Cianjur,” jelasnya.

Keempat, tegas Asep, Fraksi PKS menginginkan agar Sekda ke depan bisa bekerja secara profesional sesuai dengan tupoksinya. Tidak terpengaruh dengan kepentingan-kepentingan politik dan lebih mengedepankan kepentingan masyarakat.

“Karena Sekretaris Daerah kedepan posisi saat ini memang cukup strategis mewakili pemerintah membina kepegawaian dan menjadi jembatan dengan masyarakat yang dalam hal ini diwakili oleh DPRD Kabupaten Cianjur. Saya kira ini Empat hal yang memang harus dimiliki Sekda ke depan. Siapapun yang memililiki keempat hal ini, maka dia paling layak menjadi sekda kabupaten cianjur ke depan,” pungkasnya.(hyt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *