Airlangga: Kuota Program Prakerja Gelombang II Ditambah

Airlangga: Kuota Program Prakerja Gelombang II Ditambah
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Menteri Koodinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan total 5,7 juta orang mendaftar untuk program Kartu Prakerja pada gelombang pertama yang ditutup pada Kamis (16/4). Sebanyak 3,1 juta peserta dalam status sudah terverifikasi.

Pemerintah memutuskan untuk menambah kuota atau kapasitas peserta serta anggaran Program Kartu Prakerja pada gelombang kedua. Keputusan diambil karena tingginya minat masyarakat yang mendaftar program tersebut.

Melihat kondisi tersebut, Airlangga mengatakan pemerintah akan meningkatkan kapasitas peserta setelah batch pertama berjalan baik.

Baca Juga:Ponpes Al-Uzlah Cianjur Segera Miliki Masjid Representatif Sumbangan Timur TengahLaka di Gekbrong Sabtu Dinihari, Empat Orang Meninggal Dunia, Ini Kronologisnya

“Kapasitas peserta dinaikkan dari 164.000 menjadi 200.000 orang. Antusiasme masyarakat dari 34 provinsi ternyata sangat tinggi. Ini adalah program pemerintah pertama yang menggunakan sistem digital sehingga open access dan equal opportunity, siapapun bisa mendaftar,” ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/4/2020) dilansir dari fin.co.id.

Sementara anggaran program ini dinaikkan menjadi Rp20 triliun dan akan terdapat alokasi khusus bagi UMKM.

Seleksi awal dilakukan untuk mengetahui motivasi peserta dalam mengikuti program ini. Pemerintah akan melakukan verifikasi dengan sumber data dari sejumlah kementerian dan lembaga.

“Semua ini menjadi database dan dicek silang dengan data yang masuk. Jadi seluruh program berbasis pendaftaran aktif,” jelasnya.

Dijelaskan Airlangga Program Kartu Prakerja menggunakan sistem digital dengan konsep e-learning. Program ini merupakan pelatihan untuk meningkatkan skill dan akan memberikan penempatan kerja setelah pelatihan.

“Namun, konsepnya diubah, selain untuk pelatihan juga sebagai jaring pengaman sosial. Tetapi konsep untuk menambah skill, dilanjutkan,” jelasnya.(fin/hyt)

0 Komentar