Soal Pembebasan Tagihan dan Diskon Listrik, Ini Penjelasan PLN Cianjur

Soal Pembebasan Tagihan dan Diskon Listrik, Ini Penjelasan PLN Cianjur
ilustrasi.(net)
0 Komentar

Cianjurekspres.net –  PLN Cianjur siap mendukung dan melaksanakan kebijakan pemerintah yang disampaikan Presiden Joko Widodo untuk menggratiskan listrik bagi konsumen 450 VA dan diskon 50 % bagi pelanggan 900 VA tiga bulan ke depan.

Humas PLN Cianjur Virgea Krismanda mengatakan, perkiraan kebijakan ini selambat-lambatnya diberlakukan 11 April mendatang hingga bulan Juni.

“Terkait detail juknis (petunjuk teknis) belum launching dari PLN Pusat, kami masih menunggu,” katanya saat dihubungi cianjureskpres.net, Kamis (2/4/2020).

Baca Juga:Aksi Nyata Nasdem Perangi Korona, Potong Gaji 50% Sampai Lakukan Hal Ini!Sambangi Warga Mande Cianjur, Kang AB Turun Langsung Bagikan Masker

Program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran dimaksudkan untuk melindungi masyakarat yang paling terdampak pandemi Covid-19. Apalagi, saat ini masyarakat diimbau untuk tetap di rumah.

“Regulasi penerima nya sama, berlaku kriteria-kriteria yang dipilihkan untuk seluruh pelanggan di Indonesia,” tuturnya.

Ia mengatakan, pelanggan PLN yang menerima keringanan tersebut adalah rumah tangga tidak mampu yang selama ini sudah menerima subsidi listrik, yakni mereka yang termasuk dalam 40 persen masyarakat termiskin di Indonesia berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Adapun beberapa skenario pelaksanaannya, Ghea menuturkan bagi pengguna 450VA Pascabayar, rekening listrik yang meliputi biaya pemakaian dan biaya beban digratiskan. Jenis 450VA Prabyar, akan diberikan token gratis sebesar pemakaian tertinggi tiga bulan terakhir.

Kemudian, untuk pengguna 900VA Pascabayar, rekening listrik dibayar 50% yang termasuk biaya pemakaian dan biaya beban. Sementara pengguna 900VA Prabayar, setiap bulannya diberi token gratis 50% dikali pemakaian tertinggi tiga bulan terakhir.

“Untuk itu, sekarang masyarakat diimbau agar tetap berada di rumah saja. Karena ini masih dirumuskan dengan PLN pusat, kira-kira paling lambat 11 April nanti. Semoga ini dapat membantu masyarakat di tengah pandemik Covid-19,” pungkasnya.(Rida R Azizah)

0 Komentar