Cegah Corona, Pemerintah Keluarkan Kebijakan Belajar di Rumah, Ini Tips Bagi Orangtua

Cegah Corona, Pemerintah Keluarkan Kebijakan Belajar di Rumah, Ini Tips Bagi Orangtua
Ilustrasi.(net)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Pemerintah Kabupaten Cianjur telah membuat kebijakan tegas untuk meliburkan para siswa dan mahasiswa dari kegiatan belajar mengajar untuk mencegah penyebaran virus Corona yang semakin hari kian meningkat kasusnya di Indonesia.

Para siswa diminta melanjutkan belajarnya di rumah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan yang memungkinkan kontak antara banyak orang. Tujuannya, menekan laju penyebaran virus Corona.

Selama dua pekan ini, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman berharap orangtua bisa menjadi “guru” yang bisa mengisi kegiatan anak-anaknya. Selain itu, menemani mereka mengikuti kegiatan belajar secara online.

Baca Juga:Le Eminence Puncak Sabet Penghargaan Hotel dengan Kebersihan Terbaik se JabarMenteri Kabinet Indonesia Maju Cek Kesehatan di RSPAD

Anjurannya dengan mengurangi aktivitas anak di luar rumah. Oleh karena itu, diperlukan berbagai alternatif kegiatan yang bisa dilakukan anak.

Dengan demikian, pilihannya pun tak hanya menonton televisi atau bermain gadget.

Orangtua harus bagaimana?

Seorang guru privat Bahasa Inggris dan Matematika di Cianjur, Deddy Reza Fauzi membagikan tipsnya kepada cianjurekspres.net, terkait sejumlah hal yang bisa dilakukan oleh orangtua ketika mendampingi anaknya belajar banyak hal dari dalam rumah.

Hal pertama yang harus ditanamkan dalam pikiran adalah tidak menganggap kondisi saat ini menjadi sebuah beban.

“Jangan menganggap ini sebagai beban dan terlalu panik, justru kalau diambil hikmahnya, orang tua yang kurang baik komunikasinya dengan si anak misalnya, bisa digunakan di waktu libur ini,” jelas Deddy saat dihubungi cianjurekspres.net, Senin (16/3/2020).

Kemudian, cobalah bekerja sama dengan anak sebagai tim yang akan saling membantu mencari solusi bersama jika terjadi kesulitan.

Mahasiswa S2 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di UNISBA ini menyebutkan, dalam situasi seperti ini orangtua sebaiknya menjadi teman anak yang mengajaknya berkomunikasi, bukan mengawasi atau sekadar memerintah.

Baca Juga:Reses di Cianjur, Endang Bagikan Benih Ikan ke Kelompok TaniCegah Virus Corona, Begini Cara Plt Bupati Cianjur Bersalaman

“Bisa diajak ngobrol soal pengetahuan atau wawasan dengan anak, jadi jangan cuma diperintah ini itu, bisa dengan santai ngomongin manfaat makan telur misalnya,” kata dia.

Tips keempat, ciptakan suasana belajar menyenangkan di rumah. Caranya, dengan membuat kesepakatan soal aturan main dengan sang anak.

Adanya kesepakatan atau aturan main ini dapat membentuk tanggung jawab di benak anak.

0 Komentar