Ramai di Medsos, Kwarcab Pramuka Buka Suara Soal Buper Mandala Kitri Cianjur

Ramai di Medsos, Kwarcab Pramuka Buka Suara Soal Buper Mandala Kitri Cianjur
0 Komentar

CIANJUR – Isu tentang lahan Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas, Kabupaten Cianjur akan dijadikan sebagai tempat wisata menjadi perbincangan ramai di media sosial. 

Salah satu Relawan PMI Cianjur Hidayat mengaku, dirinya sangat menyayangkan dengan adanya rencana pemerintah untuk mengalihfungsikan lahan Bumi Perkemahan Mandala Kitri di Kawasan Cibodas menjadi tempat wisata.

“Saya sangat menyesalkan sekali, kalau memang ini benar adanya. Lahan yang ada saat ini sangat cocok sekali untuk digunakan kegiatan Pramuka, atau pun PMI,” katanya, Minggu (5/1/2020).

Baca Juga:Deklarasi di Pantai Lugina, Ini Alasan Pajero Fortuner Auto Club IndonesiaParpol Non Parlemen Usung Toha-Ade Sobari, Pengamat: Jangan Anggap Remeh

Hidayat mengatakan, Bumi perkemahan di Cibodas saat ini sudah sangat dikenal hingga tingkat nasional. Berbagai macam hal atau kegiatan pelatihan tentang ke pramukaan serta PMI, PMR dilakukan di Bumi Perkemahan Mandalakitri Cibodas.

“Saya berharap pemerintah jangan sampai salah mengambil tindakan, karena kalau nanti tidak ada lagi tempat perkemahan di Mandala Kitri Cibodas, maka mau dimana lagi,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Cianjur, Budhi Rahayu Toyib mengatakan, Pemkab Cianjur kedepan memang akan melakukan kajian lahan yang dimiliki di Kawasan Cibodas, khususnya di Mandalakitri.

“Pemkab pun tidak serta merta akan menetapkan bahwasanya lahan ini cocoknya untuk apa?, dan tentunya nanti berdasarkan hasil kajian,” katanya.

Budhi mengatakan lahan Mandala Kitri memang milik Pemkab Cianjur, namun sebelumnya sebagian diserahkan untuk kepentingan pembinaan generasi muda.

“Seiring dengan waktu, akhirnya kawasan Cibodas ini berkembang menjadi kawasan atau tempat wisata. Kalau dilihat dari spot-spot lahan di Cibodas ini memang sudah tidak layak untuk dijadikan tempat Pramuka, tapi tetap kita dari Kwarcab akan mempertahankan untuk kepentingan perkemahan bagi anak – anak,” katanya.

Dijelaskan Budhi Rahayu Toyib, apabila ada seseorang atau pengusaha yang mengaku – ngaku akan mengalih fungsikan lahan Bumi Perkemahan di Mandalakitri Kawasan Cibodas maka itu tidak benar.

Baca Juga:Lepi akan Bentuk Lembaga Keuangan Mikro Bagi Nelayan dan Petani SindangbarangSah, Ini Sosok Pendamping Kang Toha di Pilkada Cianjur 2020

“Ini perjalanan yang masih sangat panjang, artinya kalau ada orang yang mengaku akan di alih fungsikan itu tidak benar. Karena selama ini Pemkab belum pernah memberikan atau mengijinkan perusahaan manapun untuk mengelola kawasan Cibodas ini,” pungkasnya.(yis/hyt)

0 Komentar