Kemana Suara ASN akan Berlabuh?

Kemana Suara ASN akan Berlabuh?
0 Komentar

CIANJUR – Dukungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Cianjur di Pilkada 2020 tampaknya akan terbagi, seiring Plt Bupati Cianjur Herman Suherman dan Mantan Sekretaris Daerah yang saat ini menjabat Plt Kepala Dinas Pendidikan Oting Zaenal Mutaqin memutuskan maju sebagai Bakal Calon Bupati.

Seperti diketahui Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mendaftar bakal calon Bupati ke PDI Perjuangan. Sedangkan Oting Zaenal Mutaqin mendaftar ke Partai Gerindra.

Majunya dua figur tersebut dinilai akan semakin meramaikan konstelasi politik, karena tidak menutupkemungkinan masing-masing memiliki pendukung dari kalangan ASN.

Baca Juga:Jelang Tahun Baru, Okupansi Le Eminence Hotel Naik 50 PersenSayembara Desain Jersey Ketiga Persib, Dari Bobotoh untuk Bobotoh

“Ya tentunya, karena mereka sama-sama birokrat. Mereka pasti punya pendukung di tubuh ASN. Pak Oting sebagai mantan Sekda dan senior sudah barang tentu dikenal dilingkungan ASN. Ditambah lagi saat ini mungkin di kalangan dunia pendidikan Cianjur sebagai Plt Kadisdik nama beliau sudah familiar,” tandas Ketua LBH Cipanas Ade Kosasih kepada cianjurekspres.net, Senin (18/11/2019)

Namun Ade menegaskan, pecah tidaknya suara dukungan ASN tergantung bukti nyata kerja  kedua sosok tersebut.

“Apakah kinerja mereka selama ini berakibat positif dan langsung terasa di tubuh ASN Cianjur itu sendiri,” katanya.

Namun jika ASN tidak merasakan suatu perubahan signifikan yang langsung terasa. Menurutnya, bukan tidak mungkin bahwa suara ASN akan bergerak ke calon kepala daerah non birokrat.

“Kalau ASN tidak merasakan perubahan siginfikan, tidak menuntupkemungkinan suara ASN akan bergerak ke calon non birokrat,” tutur Ade.

Terpisah, Presidium Aliansi Masyarakat untuk Penegakan Hukum (Ampuh) Cianjur, Yana Nurzaman menilai sampai saat ini belum muncul sesuatu yang luar biasa dalam proses dan tahapan menuju kontestasi pilkada cianjur 2020. Terlebih sosok figur yang muncul pun tidak jauh dari perkiraan publik selama ini.

Begitu pun dengan tampilnya Oting Zaenal Mutaqin yang pada saat-saat akhir mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati dari Partai Gerindra.

Baca Juga:Miris! Anak Usia 2-11 Tahun di Indonesia Bebas Akses Video GameInilah Program Danone-AQUA yang Raih Penghargaan dari Gubernur Jabar

“Menurut pandangan publik, sosok Oting ini adalah birokrasi tulen dan penuh pengalaman, selain itu beliau juga cukup memiliki jaringan yang luas serta kuat baik di dalam birokrasi itu sendiri ataupun di lingkungan dunia usaha dan politisi senior di Cianjur,” katanya dalam keterangan tertulisnya.

0 Komentar