Debat Paslon Pilkada Cianjur 2024 Dilaksanakan Dua Kali

kpu cianjur
Kadiv SDM Sosparmas KPU Cianjur, Fikri Audah NSY.(MOCH NURSIDIN/CIANJUREKSPRES)
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur telah menetapkan jadwal debat kandidat pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Cianjur Pilkada 2024 dilaksanakan sebanyak dua kali.

Anggota KPU Kabupaten Cianjur Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, Fikri Audah NSY, mengatakan, berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Cianjur Nomor 2202 Tahun 2024 dari hasil rapat pleno bahwa pelaksanaan debat pertama pada 25 Oktober 2024 dan debat kedua 8 November 2024.

“Direncanakan memang, satu dua hari ke depan kita akan adakan pertemuan dengan pasangan calon melalui narahubung (LO),” katanya kepada Cianjur Ekspres, Minggu 13 Oktober 2024.

Baca Juga:Hadiri Hari Jadi Komunitas Penggemar Wayang se Jabodetabek, Ini Harapan SyaikhuKeseriusan Herman dalam Wujudkan Pemekaran Cianjur Selatan Dipuji Warga

Menurutnya, KPU Cianjur akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan narahubung setiap pasangan calon menyangkut teknis acara dan tempat, serta berapa banyak yang akan diundang untuk diputuskan bersama.

“Lokasi sampai saat ini beberapa titik sudah kita rencanakan, namun untuk kepastiannya kita harus komunikasikan dengan para pasangan calon (narahubung,red), ada beberapa pertimbangan diantaranya kapasitas dan keamanan menjadi perhatian dalam penetapan debat kandidat,” ujar Fikri.

Terkait dengan tema, Fikri menjelaskan, pihaknya akan dibantu oleh tim perumus yang berasal dari unsur profesional, akademisi dan tokoh masyarakat. Termasuk dengan tim panelis nanti ada dari profesional, akademisi ataupun tokoh masyarakat. Sedangkan untuk moderator biasanya dari tokoh masyarakat atau profesional seperti news anchor yang sudah biasa membawakan tema debat.

“InsyaAllah dalam setiap keterlibatan publik, baik dari tim perumus ataupun moderator dan tim panelis ini, kami akan berkonsultasi secara intens dengan narahubung untuk menjaga tidak ada keberpihakan kepada pasangan calon tertentu,” katanya.

“Jadi nama-namanya ini mungkin nanti akan di tracking (dilacak) terutama untuk moderator dan tim panelis oleh narahubung, apakah ada keberpihakan dan seterusnya, baru kemudian nama-nama itu kami tetapkan, sambung Fikri.

Lebih lanjut Fikri mengatakan, pelaksanaan debat kandidat paslon Pilkada Cianjur 2024 rencananya disiarkan secara langsung melalui televisi regional, radio dan YouTube KPU Cianjur.

“Pada intinya untuk pelaksanaan debat kami memfasilitasi dua kali dalam rangka untuk memberikan kesempatan yang seluasnya-luasnya kepada pasangan calon agar bisa memperdalam visi misi yang telah dibuat sebelumnya kepada masyarakat secara luas,” tuturnya.

0 Komentar