PLN UP3 Cianjur Promosikan Electrifying Agriculture pada Peternak Ayam

PLN
PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur terus mempromosikan Electrifying Agriculture ke pelaku usaha agrikultur di Cianjur. 
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Sebagai salah satu program unggulan, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur terus mempromosikan Electrifying Agriculture ke pelaku usaha agrikultur di Cianjur.

Salah satu pengusaha di bidang peternakan ayam petelur, Kerta Hendra beralih menggunakan peralatan berbasis listrik untuk peternakannya sehingga melakukan tambah data dari 16.500 VA ke 33.000 VA pada Jumat 23 Agustus 2024 untuk mendukung beroperasinya peralatan listrik di peternakannya.

Kapasitas kandang ayam milik Hendra mencapai 20.000 ekor ayam dan ketika sudah beroperasi penuh menggunakan daya yang baru maka estimasi pemakaian kWhnya mencapai 7.788 kWh atau setara dengan 236 jam nyala.

Baca Juga:PLN Dukung Sektor Pendidikan di Cianjur Selatan Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan LingkunganJelang Hari Pelanggan Nasional, PLN Realisasikan TJSL Jalan Desa di Cianjur

PLN pun siap mendukung apabila peternakan Kerta di masa yang akan datang membutuhkan suplai daya yang lebih besar lagi.

“PLN UP3 Cianjur siap mendukung kebutuhan daya pelaku usaha di bidang agrikultur dengan listrik yang aman dan andal melalui program Electrfying Agriculture (EA). Program ini terbukti membantu usaha agrikultur jadi lebih efisien,” ucap Andre Pratama Djatmiko, Manager PLN UP3 Cianjur.

Program EA sendiri merupakan salah satu terobosan PLN dengan cara pemanfaatan energi listrik di bidang agrikultur seperti pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan menekan biaya operasional.

Di Cianjur sendri banyak dijumpai peternakan baik itu peternakan ayam pedaging maupun ayam petelur. Apalagi wilayah Cianjur Selatan lahannya masih luas sehingga dapat dijadikan kawasan peternakan.

Oleh karena itu, Andre mengimbau para peternak di Cianjur untuk memanfaatkan program EA seperti yang sudah dilakukan oleh Kerta Hendra.

Sementara itu, Ryan Hidayat, koordinator lapangan di peternakan Kerta Hendra mengaku puas dengan pelayanan tambah daya listrik di peternakan tempat sehari-hari ia bekerja itu.

“Penambahan daya ini dimaksudkan untuk menambah kapasitas yang akan kita gunakan sebagai pemberdayaan budidaya ayam. Dan saya sebagai pihak pengguna sangat puas sekali dengan pelayanan PLN sangat fast respon. Terima kasih banyak PLN,” ujarnya.

Baca Juga:Kado Kemerdekaan Listrik Gratis Kolaborasi PLN UP3 Cianjur dan Dinas ESDM Jabar Melalui Program Jabar CaangOperasi Jagratara Tahap II, Petugas Imigrasi Cianjur Amankan Empat WNA 

Di tempat terpisah, Susiana Mutia, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat menyampaikan bahwa program EA mendorong modernisasi peternakan yang dapat meningkatkan hasil peternakan sekaligus berkontribusi pada lingkungan dengan penggunaan energi yang ramah lingkungan.

0 Komentar