Pemkot Tasikmalaya Perkuat Komitmen Kembangkan Wisata Tematik

Pemkot
Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah saat peluncuran Katasik Sindangkasih, Kelurahan Sukanagara, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (20/8/2024) malam. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Tasikmalaya)
0 Komentar

cianjur.jabarekspres.com, ANT – Pemerintah Kota Tasikmalaya secara konsisten berupaya menjaga keberlangsungan Program Kawasan Wisata Tematik (Katasik) melalui berbagai inovasi yang bertujuan untuk mengoptimalkan potensi daerah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Program ini harus bermanfaat, tidak hanya ‘launching’ terus kemudian selesai ramainya, hari ini akan buktikan, besok, lusa terus tetap ramai,” kata Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah saat peluncuran Program Katasik Sindangkasih, Kelurahan Sukanagara, Kecamatan Purbaratu, Tasikmalaya, Selasa (20/8).

Ia menuturkan Pemkot Tasikmalaya mencanangkan Program Katasik untuk menggali potensi daerah agar menjadi destinasi wisata yang menarik dikunjungi wisatawan dan dampaknya bisa menghidupkan ekonomi masyarakat.

Baca Juga:KAI Tindak Tegas, Bongkar Bangunan Liar di Depo RangkasbitungWamentan Ajak Semarakkan Pasar Tradisional dengan Festival Kuliner

Seperti Program Katasik di Sindangaksih, Kelurahan Sukanagara, Cheka mengapresiasinya dengan keunikannya menampilkan kegiatan helaran rakyat, bazar UMKM, pasar sembako murah, santunan dan gelar seni budaya yang mampu menarik masyarakat untuk datang.

Menurut dia, agar program Katasik daerah itu terus berlanjut maka perlu adanya kerja sama, salah satunya untuk menghidupkan kawasan wisata dengan berbagai kegiatan ekonomi rakyat.

“Caranya bagaimana, ya kita hidupkan dulu dengan kegiatan-kegiatan ekonomi,” katanya.

Salah satu Progres Katasik yang cukup berkembang baik, kata dia, yaitu di Kecamatan Purbaratu yang tidak hanya memiliki potensi wisata di sektor ekonomi, tapi ada potensi lainnya seperti wisata air untuk kegiatan perahu kecil atau kano.

“Di sini selain ekonomi UKM, di sini juga ada ada kano yang saya nanti bisa kita kembangkan,” katanya.

Ia berharap Program Katasik di Purbaratu bisa berkelanjutan dan memberi manfaat bagi masyarakat serta mampu menginspirasi kegiatan Katasik untuk wilayah lain di Kota Tasikmalaya.

Terkait perkembangan Katasik di daerah lainnya, kata dia, saat ini pihaknya masih menunggu kemajuan di setiap kecamatan, yang diharapkan ada kemajuan yang baik dibandingkan sebelumnya.

“Saya masih menunggu progres dari Katasik-katasik di wilayah lain, mudah-mudahan dalam waktu dekat ada progres yang lebih baik dari kecamatan-kecamatan yang juga mengembangkan Katasik,” katanya.(antara)

0 Komentar