SPMT-Pelindo Buktikan Komitmen Lingkungan dengan Program Pemberdayaan UMKM

Pelindo
SPMT dan Pelindo kolaborasi lestarikan lingkungan hingga pemberdayaan UMKM. ANTARA/HO-Humas SPMT
0 Komentar

cianjur.jabarekspres.com, ANT – Di Pelabuhan Belawan, SPMT dan Pelindo Regional 1 menjalankan program-program berkelanjutan untuk menjaga lingkungan dan memajukan UMKM di wilayah Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara.

“Dalam menyemarakkan HUT ke-79 RI, SPMT berkolaborasi dengan Pelindo Regional 1, menggelar berbagai rangkaian program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang berfokus pada tiga bidang prioritas yakni pendidikan, lingkungan, serta pengembangan UMKM,” kata Sekretaris Perusahaan SPMT Finan Syaifullah dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Dia menyebutkan, berbagai rangkaian program yang diselenggarakan SPMT dan Pelindo Regional 1 meliputi edukasi safety riding, service motor gratis, tanam pohon, penataan lingkungan dengan Tema Kemerdekaan dan Pelabuhan, Port Visit, serta Bazar UKM Kemerdekaan.

Baca Juga:PLN IP dan Arab Saudi Bersatu Bangun PLTS Terapung SagulingKAI Wisata dan Leka x Veska Meriahkan HUT RI ke-79

Edukasi safety riding (keselamatan berkendara) dirangkai dengan memberikan service motor gratis bagi 79 pengemudi ojek pangkalan yang berada di sekitar wilayah Pelabuhan Belawan, Medan.

Kegiatan itu telah digelar di Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan, sebagai wujud kepedulian terhadap profesi ojek pangkalan dengan menanamkan kesadaran safety riding selama berkendara demi keselamatan bersama.

Kegiatan yang dilakukan secara serentak di Kota Medan, Jakarta, Surabaya dan Makassar ini juga dilanjutkan penandatanganan komitmen untuk tertib lalu lintas serta diserahkan bantuan jaket kepada para pengemudi.

Kemudian, program tanam pohon digelar di sekitar wilayah pelabuhan sebagai upaya komitmen perusahaan dalam pelestarian lingkungan hidup. Secara simbolis, SPMT melakukan penanaman pohon di SPMT Branch Belawan.

SPMT menanam sebanyak 1.185 pohon dan Pelindo Regional 1 menanam sebanyak 790 pohon yang ditanam di sekitar wilayah pelabuhan dengan jenis pohon seperti pohon tanjung, sawo kecik, aren, dadap cangkring, dan beringin.

SPMT juga menggelar penataan lingkungan yang mencakup revitalisasi dan dekorasi lingkungan bertema Kemerdekaan dan pelabuhan. Terdapat lima kampung di Kelurahan Bagan Deli, Belawan yang diikutsertakan dalam lomba.

“Kelima kampung tersebut diberikan bantuan modal dalam melakukan penataan lingkungan dan pemenang mendapatkan hadiah berupa bantuan untuk pembinaan dan pengembangan lingkungan,” ucapnya.

Baca Juga:PLN Jadi Pilar Utama Pembangunan Infrastruktur IKNUpacara HUT Ke-79 RI di IKN Berlangsung Khidmat, Listrik PLN Aman Tanpa Kedip

Kemudian, dalam mewujudkan edukasi peran pelabuhan, SPMT berkolaborasi dengan Pelindo Regional 1 mengajak 100 siswa-siswi Sekolah Dasar yang berasal dari SD Muhammadiyah 04 Belawan dan SD Inpres Bagan Deli untuk berkunjung ke SPMT Branch Belawan dan Terminal Penumpang Bandar Deli.

0 Komentar