Pemkab Cianjur Serahkan 14 Unit Perahu Baru untuk Nelayan di Pesisir Selatan

Pemkab Cianjur
14 Unit Perahu Baru untuk Nelayan di Pesisir Selatan ( gambar ilustrasi )
0 Komentar

cianjur.jabarekspres.com, ANT – Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dalam upaya meningkatkan produktivitas sektor perikanan, telah menyerahkan 14 unit perahu tangkap kepada 7 kelompok nelayan di pesisir selatan.

Kepala Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan Cianjur, Aris Haryanto, menjelaskan bahwa pemberian bantuan perahu kepada nelayan merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan program ketahanan pangan.

“Bantuan untuk kesekian kalinya dari Pemkab Cianjur pada kelompok nelayan guna meningkatkan penghasilan dan produksi ikan tangkap di pantai selatan Cianjur, sehingga dapat meningkatkan pendapatan untuk kebutuhan pasar lokal Cianjur,” katanya.

Baca Juga:Pemkab Cianjur Sukses Realisasikan 77% Proyek Jalan Beton 1.000 KmKemenhub: Bandara Deo Sorong Sudah Bisa Digunakan Kembali

Ia menjelaskan saat ini pemerintah daerah tengah menggencarkan program ketahanan pangan dan kelautan, dimana bantuan perahu diharapkan dapat menghasilkan tangkap yang melimpah sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal hingga ekspor.

Terlebih selama ini, jenis tangkapan seperti lobster dan tuna dari pantai selatan Cianjur, memiliki nilai ekonomi tinggi dengan kualitas terbaik sehingga sudah mengisi pasar internasional.

“Harapan kami dengan bantuan perahu yang diberikan nelayan pantai selatan Cianjur, mendapat tangkapan yang berlebih sehingga dapat di ekspor atau dikirim ke pasar yang lebih besar di Jabodetabek,” katanya.

Tidak hanya bantuan perahu, dalam menjalankan program ketahanan pangan pihaknya bersama dinas terkait lainnya memberikan pelatihan, pendampingan dan pembinaan bagi keluarga nelayan agar dapat menjadi pelaku UMKM olahan hasil laut.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Cianjur dalam memberikan berbagai pelatihan agar keluarga nelayan dapat menjadi pelaku usaha dengan olahan laut, sehingga dapat menambah penghasilan keluarga,” katanya.

Ketua Kelompok Nelayan Kelana Jaya, Kecamatan Agrabinta, Bubun Bunyamin, mengatakan sangat terbantu dengan perahu yang diberikan Bupati Cianjur Herman Suherman melalui dinas terkait, sehingga dapat meningkatkan aktivitas melaut anggotanya.

Pihaknya berharap dengan bantuan perahu tersebut, dapat meningkatkan hasil tangkapan guna meningkatkan perekonomian anggotanya dan warga sekitar pesisir pantai selatan Cianjur.

Baca Juga:Jokowi: Ibu Kota Baru Jadi Mesin Penggerak Ekonomi Indonesia TimurOJK Minta Bank Identifikasi Mendalam Nasabah Terkait Transaksi Judi Online

“Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan perahu yang diberikan Pemkab Cianjur, semoga dapat menjadi semangat baru bagi anggota untuk lebih meningkatkan hasil tangkapan setiap melaut,” katanya. ( antara)

0 Komentar