Yakin Mau Kerja WFH? Yuk Simak Kelebihan dan Kekurangannya 

Kerja WFH
Gambaran ilustrasi Seseorang sedang kerja WFH( Designed by Freepik)
0 Komentar

cianjur.jabarekspres.com –Bekerja dari rumah (WFH) menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir apalagi pada masa pandemi Covid-19, banyak orang yang bekerja dari rumah (WFH) sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus.

WFH menawarkan beragam manfaat bagi pemberi kerja dan karyawan. Namun, hal ini juga mempunyai tantangan tersendiri.  

  • Mengurangi risiko penyebaran Covid-19

WFH membantu mengurangi kontak fisik antar orang, sehingga dapat membantu mencegah penyebaran virus.

Baca Juga:Tanda-tanda Hubungan yang Dewasa: Lebih dari Sekedar Komunikasi dan KepercayaanTips untuk Menghindari Overthinking Terhadap Pasangan

  • Meningkatkan fleksibilitas kerja

Karyawan dapat mengatur waktu kerja mereka sendiri dengan lebih fleksibel, sehingga dapat lebih mudah menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi.

  • Menghemat biaya

Karyawan dan perusahaan dapat menghemat biaya, seperti biaya transportasi dan sewa kantor.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan WFH:

Kelebihan WFH:

Fleksibilitas: WFH menawarkan fleksibilitas yang lebih besar kepada karyawan dalam jadwal kerja mereka.

Hal ini bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki keluarga atau komitmen lain yang menyulitkan mempertahankan jadwal kantor tradisional.

Penghematan biaya:Karyawan yang WFH menghemat biaya perjalanan, seperti bensin, parkir, dan transportasi umum.  Pengusaha juga dapat menghemat biaya overhead yang terkait dengan ruang kantor.

Peningkatan keseimbangan kehidupan kerja: WFH dapat membantu karyawan mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik dengan menghilangkan kebutuhan untuk bepergian dan memungkinkan mereka mengatur pekerjaan seputar kehidupan pribadi mereka.

Peningkatan produktivitas: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karyawan bisa lebih produktif ketika bekerja dari rumah, karena mereka menghindari gangguan kantor dan dapat bekerja pada jam-jam paling produktif.

Baca Juga:10 Cara Menghilangkan Negatif Thinking Terhadap PasanganKetahui, Alasan Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan

Mengurangi stres: WFH dapat membantu mengurangi tingkat stres yang terkait dengan perjalanan dan lingkungan kantor.

Kekurangan WFH:  Isolasi:WFH dapat menimbulkan perasaan terisolasi dan kesepian bagi sebagian karyawan, karena mereka kehilangan interaksi sosial selama bekerja di kantor.

Gangguan: Bekerja dari rumah bisa lebih mengganggu dibandingkan bekerja di kantor, karena ada lebih banyak pekerjaan rumah tangga, anggota keluarga, dan potensi gangguan lainnya.

Batasan yang kabur: Batas antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi bisa menjadi kabur ketika bekerja dari rumah, sehingga sulit untuk mematikan dan bersantai.

0 Komentar