Bupati Cianjur Lepas 150 Mahasiswa KKN Tematik UNPI Cianjur

UNPI Cianjur
Universitas Putra Indonesia (UNPI) Cianjur secara resmi melepas sebanyak 150 mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pancaniti, Pendopo Cianjur, Senin 24 Juni 2024.
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Universitas Putra Indonesia (UNPI) Cianjur secara resmi melepas sebanyak 150 mahasiswa dari empat fakultas yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pancaniti, Pendopo Cianjur, Senin 24 Juni 2024. 

Para mahasiswa akan melaksanakan KKN di empat kecamatan selama dua bulan.

Rektor UNPI Cianjur, Astri Dwi Andriani, mengatakan, KKN Tematik Unpi Cianjur tahun 2024 bertemakan ‘Berbakti Untuk Negeri’ akan diselenggarakan selama dua bulan sejak awal Juli hingga Agustus 2024.

Baca Juga:Langgar Aturan Domisili, 31 Siswa Dianulir Kelulusan, Bey Machmudin: Kami Menegakkan Aturan25 CPD SMAN 3 Bandung dan 6 CPD SMAN 5 Bandung Didiskualifikasi

“Melibatkan 150 mahasiswa dari empat fakultas, fakultas teknik, fakultas sastra, fakultas Ilmu Komunikasi dan fakultas Ekonomi melibatkan 30 dosen pembimbing lapangan (DPL),” kata dia kepada Cianjur Ekspres.

Astri melanjutkan, mahasiswa KKN akan disebar ke empat kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur, diantaranya wilayah Kecamatan Cipanas dan Pacet, wilayah timur Kecamatan Mande dan Kecamatan Sukaluyu.

“Topiknya sendiri ada tiga, pemberdayaan keluarga itu lebih ke bidang ekonomi, bidang literasi pendidikan dan smart village. Jadi di masing-masing desa itu biasanya ada 10 mahasiswa didampingi dua orang DPL, mereka gabungan dari berbagai bidang ilmu bikin program,” ungkap Astri.

Astri menuturkan, untuk programnya sendiri terinspirasi dari paparan para camat yang akan melakukan talk show. Dia berharap para mahasiswa tidak hanya ada di menara gading ngomong soal hal-hal yang idealis, teoritis. Tetapi harus langsung terjun ke masyarakat mengimplementasi Tri Dharma perguruan tinggi.

“Tujuannya untuk ngasah kepekaan, menganalisis masalah dan potensi. Kedua, menumbuhkan jiwa nasional Pancasila, sama ngasah keterampilan kepemimpinan. Biar mereka ke depan bisa langsung terjun ke masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengapresiasi pelaksanaan KKN mahasiswa UNPI Cianjur. 

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Cianjur mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada UNPI Cianjur, ini kan kerjasama antara UNPI dengan pemerintah, yaitu salah satunya KKN,” kata Herman.

Baca Juga:Bey Machmudin Sambut Kedatangan 440 Jemaah Haji Kloter 1 di BIJB KertajatiDekranasda Se-Jabar Ikut Serta dalam Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat 2024 

Herman mengungkapkan, KKN merupakan ilmu yang setelah di dapat dari meja kuliah diterapkan di masyarakat dalam membantu permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat.

“Sehingga mudah-mudahan ada solusi dan sebagainya. Apalagi kan mahasiswa ini setelah menerima ilmu pengetahuannya bisa diaplikasikan di masyarakat. Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi,” pungkasnya.

0 Komentar