Panduan Lengkap Membuat Taman dengan Anggaran Terbatas

Panduan Lengkap Membuat Taman dengan Anggaran Terbatas
Gambaran ilustrasi(Designed by Freepik)
0 Komentar

cianjur.jabarekspres.com – Memiliki taman di rumah merupakan dambaan banyak orang, namun terkadang terkendala oleh budget yang terbatas. Jangan khawatir, impian Anda untuk memiliki taman indah dan asri tetap bisa terwujud dengan mengikuti panduan berikut:

1. Perencanaan dan Desain

Hal yang utama menentukan konsep taman dengan memilih gaya taman yang sesuai dengan selera dan luas area yang tersedia. Taman minimalis, taman vertikal, taman kering, atau taman tradisional bisa menjadi pilihan.

Terlebih dahulu buatlah sketsa taman dengan menggambarkan denah taman, termasuk penempatan tanaman, jalur setapak, dan elemen dekorasi lainnya. Buatlah daftar anggaran yang realistis untuk pembelian material, tanaman, dan dekorasi.

Baca Juga:10 Ide Liburan Keluarga yang Menyenangkan dan Bermakna Selama Perayaan Hari Raya KurbanPembagian Daging Qurban: Mewujudkan Keadilan Sosial

2. Memilih Tanaman

Memilih tamanan yang tahan banting, yakni pilihlah tanaman yang mudah ditanam dan dirawat, serta tahan terhadap hama dan penyakit. Tanaman lokal biasanya lebih mudah beradaptasi dengan kondisi iklim di sekitar Anda.

Tanaman penutup tanah seperti krokot atau selomoi dapat membantu menekan pertumbuhan gulma dan menjaga kelembapan tanah. Tanaman pot memungkinkan Anda untuk berpindah-pindah tanaman sesuai dengan musim atau kebutuhan.

3. Menghemat Biaya

Untuk menghemat biaya, manfaatkanlah barang bekas dengan menggunakan barang bekas seperti botol plastik, ban bekas, atau palet kayu untuk dijadikan pot tanaman, dekorasi taman, atau bahkan kursi taman.

Sisa makanan dan bahan organik lainnya dapat diolah menjadi pupuk kompos yang kaya nutrisi untuk tanaman Anda dan

Selain itu, Anda dapat gunakan batu alam seperti batu kali atau kerikil dapat digunakan untuk membuat jalur setapak atau dekorasi taman dengan harga yang lebih murah dibandingkan paving block, ajaklah teman atau keluarga untuk membantu Anda dalam proses pembuatan taman.

4. Tips DIY (Do It Yourself)

Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan yakni buatlah pot tanaman sendiri dengan semen, batu bata, atau kayu untuk membuat pot tanaman dengan desain yang unik dan sesuai dengan selera Anda.

Gunakan kreativitas Anda untuk membuat dekorasi taman dari bahan-bahan bekas seperti botol plastik, kaleng bekas, atau kayu palet.

0 Komentar