Disdikpora Harap Lulusan SMP Melanjutkan ke SMA Lebih dari 90 Persen 

Hari Guru Nasional, Cianjur Masih Kekurangan Guru
Kepala Bidang (Kabid) SMP Diskdikpora Kabupaten Cianjur, Helmi Halimudin
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Diskdikpora) Kabupaten Cianjur, berharap angka lulusan SMP yang melanjutkan ke SMA bisa lebih dari 90 persen. Di tahun sebelumnya, siswa lulusan SMP yang tidak melanjutkan ada sebanyak 558 siswa.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdikpora Kabupaten Cianjur, Helmi Halimudin, mengatakan, siswa kelas 9 SMP yang lulus di tahun ajaran 2023-2024 ini ada sebanyak 31.537 siswa. Namun, untuk siswa yang melanjutkan di kelulusan tahun ini, pihaknya belum bisa menyebutkan.

“Yang jelas SMP di tahun 2024 ini kalau berbicara tahun ajaran berarti tahun ajaran 2023-2024. Nah yang lulus sebanyak 31.537 siswa kelas 9. Nah kami belum bisa melaporkan yang melanjutkan, sebab PPDB SMA/SMK baru dibuka, kelulusan juga belum keluar,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Selasa 11 Juni 2024. 

Baca Juga:Sekda Herman Suryatman Buka "2024 Indonesia Aerospace Industry Forum" Sekda Herman Dorong Pemda Provinsi Jabar-ITB Perkuat Kolaborasi

Helmi mengungkapkan, kickoff Dapodik yaitu per 31 Agustus. Jika misalkan sudah kickoff Dapodik 31 Agustus, artinya yang dari 31 Agustus ke sana siswa tidak mendapatkan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Sebab ada syaratnya, yang dapat BOS masuk dapodiknya per 31 Agustus. 

“Apakah bisa melanjutkan? Bisa hanya saja sekolah tidak mendapatkan BOS. Jadi kami belum bisa menentukan siswa kelas 9 SMP yang melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, sebab kita nunggu sampai 31 Agustus. Nantinya dari sana bisa kesisir dan bisa diketahui jumlah siswa yang melanjutkan dan tidak melanjutkan,” ungkap Helmi. 

Helmi menyebut, di tahun sebelumnya jumlah siswa SMP yang lulus ada sebanyak 32.120 dan yang tidak melanjutkan sekolah ada sebanyak 558 siswa.

“Tahun sebelumnya sebanyak 32.120 siswa yang lulus, berarti sekarang turun sedikit akibat jumlah siswanya memang segini. Yang melanjutkan mungkin ada yang masuk ke PKBM, kalau misalkan lihat data SMA, SMK, paket C, formal, dan ponpes non formal,” katanya.

“Untuk sekarang mudah-mudahan yang melanjutkan sekolah di atas 90 persen, harapannya 100 persen melanjutkan,” pungkasnya.

0 Komentar