Pengelolaan Tapping Box Cianjur Jadi Bahan Studi Banding 

Bapenda
Kepala Bidang Penagihan Bapenda Cianjur, Samudra Wira Purnama,
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Cianjur mengoptimalkan pajak daerah melalui pemasangan tapping box.

Kepala Bidang Penagihan Bapenda Cianjur, Samudra Wira Purnama, mengatakan, sampai hari ini (Rabu, 5/6) ada 190 tapping box yang dipasang di beberapa resto maupun tempat hiburan yang tersebar di Kabupaten Cianjur. 

“Namun sampai saat ini belum ada lagi penambahan untuk pemasangan alat tapping box,” katanya kepada Cianjur Ekspres, Selasa 4 Juni 2024. 

Baca Juga:Bey Machmudin Sebut Status Tersangka Arsan Latief Saat Berkegiatan di Jabatan Sebelumnya Lewat Komitmen Shadow Target, Bey Machmudin Dorong Perangkat Daerah Lakukan Terobosan dan Inovasi 

Dari 190 unit tapping box yang sudah kita pasang, kata Samudra, sebanyak 14 unit sudah dicabut karena usahanya gulung tikar.

“Jadi sampai saat ini yang terpasang sebanyak 176 unit yang tersebar di berbagai tempat usaha para wajib pajak,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya tapping box ini, Bapenda bisa langsung mengecek omset dari setiap tempat usaha. Di sisi lain Bapenda setiap Minggu melakukan pengecekan pada alat tapping box karena dikhawatirkan terjadi eror. 

Selain itu, Bapenda juga melakukan rekon setiap bulan pengawasan, apabila terpantau ada selisih baik pada alat atau sama sistem.

“Alhamdulillah Bapenda Cianjur menjadi percontohan bagi daerah lain terkait pengelolaan tapping box paling bagus, dan jadi referensi kunjungan kerja daerah lain,” ungkap Samudra.(dys) 

0 Komentar