Libur Lebaran Idul Fitri 1445 H, 50 Ribu Wisatawan Berlibur di Cianjur

wisatawan
KUNJUNGAN: Sejumlah pengunjung ditempat wisata tengah menikmati suasana wisata pada libur Lebaran Idul Fitri 2024. (Foto: Rikzan RA)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES, CIANJUR – Selama momen libur Lebaran 2024, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur mencatat terdapat 8.895 wisatan yang mengisi kamar-kamar hotel juga 41.421 orang yang mengunjungi tempat-tempat wisata di Cianjur.

“Jika diakumulasi maka jumlah wisatawan yang datang ke Cianjur itu capai 50.316 orang per hari ini,” ungkap Kepala Dibudpar Kabupaten Cianjur, Asep Suparman saat dihubungi, Senin, 16 April 2024.

Kata dia, jumlah tersebut telah memenuhi target yang sebelumnya dipatok capai 25 ribu pengunjung hingga akhir masa liburan pada Senin, 16 April 2024.

Baca Juga:Mahasiswa Internasional UI Senang Merayakan Idul Fitri di IndonesiaKAI Commuter Imbau Orang Tua Jaga Anak Saat Perjalanan

“Alhamdulillah target momen libur Lebaran 2024 ini sudah tercapai. Tapi kita ingin jumlah tersebut bisa terus naik sehingga pendapatan asli daerah (PAD) pun bisa bertambah,” ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa lokasi rekreasi favorit bagi wisatawan yakni Kebun Raya Cibodas dan Sevillage di Cipanas, Ocean View Karangpotong di Sindangbarang, juga The Nice Funtastic Park, Taman Bunga Nusantara di Sukaresmi.

Lokasi tempat wisata tersebut pun ramai karena berada di jalur arteri yang biasa digunakan sebagai jalur mudik dan balik. 

Sedangkan untuk jalur Cianjur Selatan, didominasi wisata air seperti pantai juga curug. “Khusus Karangpotong, itu searah dengan lokasi-lokasi curug yang ada di Cianjur. Seperti Curug Cikondang yang ada di Kecamatan Cempaka juga Curug Citambur di Kecamatan Pasirkuda,” kata Asep.

Selain tempat wisata, lanjut Asep, lokasi penjual oleh-oleh khas Cianjur pun dipenuhi pembeli. Seperti toko Okeke Cipanas, juga Tauco Cap Meong di Kecamatan Cugenang.

Hal itu pun dibenarkan oleh pemilik toko Tauco Cap Meong, Stefani Tasma yang menyebutkan jiga penjualan oleh-oleh khas Cianjur melonjak saat libur Lebaran 2024.

“Jika dihari biasa hanya terjual 250 botol tauco, pada saat liburan ini bisa sampai 500 botol per hari,” ungkapnya.

Baca Juga:Maling Gasak Sayuran di Kios Pasar Muka, Pemilik Kios Rugi Jutaan RupiahRSUD Cimacan Santuni Puluhan Anak Yatim dan Jompo

Kata dia, selain membeli tauco, wisatawan yang melintas baik ke arah Bandung atau ke arah Jakarta biasanya membeli produk makanan ringan UMKM seperti manisan dan beran Pandan Wangi asal Cianjur.

“Selan dari Jawa Barat dan Jabodetabek, ada juga pengunjung asal Sumatera. Biasanya ramai sampai arus balik dan libur Lebaran usai,” ungkap dia.

0 Komentar