Ribuan Pelajar Ikuti Sanlat Saqura di Masjid Agung

sanlat saqura
SANLAT SAQURA: Ribuan pelajar dari berbagai sekolah mengikuti kegiatan Sanlat Saqura yang dilaksanakan di Masjid Agung Cianjur. Mereka akan mengikuti sanlat hingga beberapa hari ke depan. (foto:ist)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM, CIANJUR – Sedikitnya 4.000 pelajar dari berbagai sekolah di Cianjur mengikuti kegiatan Sanlat Saqura di Masjid Agung Cianjur. Kegiatan yang diinisiasi Himpunan Angkatan Muda Islam Masjid Agung Cianjur (HAMIMA) ini akan berlangsung sejak Senin hingga Sabtu, 18-30 Maret 2024 mendatang.

Ketua Panitia Sanlat Saqura, M Abdullah mengungkapkan, kegiatan Sanlat Saqura ini sudah berjalan enam tahun berturut-turut. Saat pandemi Covid-19 kegiatan Sanlat masih tetap berlangsung.

“Saat pandemi memang pesertanya sangat terbatas, tidak seperti saat ini yang membludak hingga ribuan peserta. Mereka berasal dari pelajar SMP, SMK dan MA di seputaran Cianjur,” kata Abdullah saat dihubungi Cianjur Ekspres, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga:BAZNAS Cianjur Kembali Raih Opini WTPRatusan Korban Gempa Akan Terima Bantuan Pembangunan Rumah

Pelaksanaan kegiatannya sendiri kata M Abdullah dilaksanakan di Masjid Agung Cianjur mulai pukul 07.30 hingga pukul 13.00 WIB dari hari Senin hingga Jumat.

“Kita berikan sejumlah materi keagamaan kepada para peserta mulai dari fiqih, aqidah akhlak, sejarah kebudayaan islam, alquran dan hadits serta bahasa arab. Para pematerinya dari lingkungan yang kompeten di bidangnya masing-masing,” katanya.

Selain memberikan materi tentang keagamaan, para peserta Sanlat Saqura nantinya juga akan mengikuti perlombaan-perlombaan mulai dari lomba LCC PAI, Tahfidz dan lomba lainnya.

“Setelah mengikuti sanlat ini para pera peserta juga ada hasil evaluasinya. Peserta akan kita berikan rapor dan piagam bahwa mereka telah mengikuti kegiatan sanlat ini,” tegasnya.

Pihaknya berharap, setelah mengikuti kegiatan Sanlat Saqura para pelajar tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak baik. Mereka bisa mengembangkan ilmu yang didapat dan bisa menambah hafalan hadits maupun alquran.

“Harapan kami para pelajar yang ikut sanlat ini bisa mengembangkan ilmu yang didapatnya, jangan hanya puas sampai disini. Yang juga tidak kalah pentingnya para pelajar tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak baik yang bertentangan dengan ajaran agama,” tegasnya.

Seorang pelajar, Trie Achmad Farras M, mengaku sangat senang bisa menjadi bagian dari kegiatan Sanlat Saqura yang dilaksanakan di Masjid Agung Cianjur. Kegiatan tersebut dirasakan banyak manfaatnya.

Baca Juga:Ratusan Korban Gempa Akan Terima Bantuan Pembangunan RumahCegah DBD, Pemdes Sukamanah Lakukan Fogging

“Yang pasti kita tambah ilmu atau pengetahuan agama. Yang tadinya kita tidak tahu, sekarang jadi mengerti. Pokoknya sanlat ini banyak manfaatnya. Semoga saja kegiatan seperti ini masih terus berlanjut,” kata Farras. (sri)

0 Komentar