Sambut Ramadan, Ustadz Adi Hidayat Paparkan Amalan-amalan Khusus yang Dikerjakan Rasulullah SAW

Sambut Ramadan
Menyambut Ramadan, Ustadz Adi Hidayat Paparkan Amalan-amalan Khusus yang Dikerjakan Rasulullah SAW
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES– Menjelang bulan suci Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk mempersiapkan diri baik secara fisik maupun mental.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan menjelang bulan Ramadhan agar ibadah di bulan suci tersebut dapat berjalan maksimal dan tanpa halangan.

Amalan-amalan tersebut berdasarkan hadits Rasulullah SAW dan telah dicontohkan oleh beliau sendiri.

Baca Juga:Menjelang Ramadhan! Inilah Deretan 21 Merk Kurma Produk Isr4el yang DiboikotViral Baliho Ridwan Kamil OTW Jakarta: Tunggu 29 Februari 2024

” Nabi Muhammad SAW sedekahnya bertambah, ibadah bertambah, interaksi dengan Al Quran bertambah dan ibadah lainnya juga bertambah,” jelasnya Ustaz Adi Hidayat.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai amalan yang pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW. Berikut beberapa di antaranya:

1. Memperbanyak sedekah

Rasulullah SAW dikenal sebagai sosok yang dermawan, apalagi di bulan Ramadhan. Beliau senantiasa memperbanyak sedekah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Ustadz Adi Hidayat menganjurkan agar umat muslim dapat mengikuti sunnah tersebut dengan memberikan sedekah kepada fakir miskin, anak yatim, dan kaum dhuafa.

2. Membaca Al-Qur’an

Rasulullah SAW diketahui lebih giat membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan dibandingkan bulan lainnya. Beliau bahkan biasa khatam Al-Qur’an bersama Malaikat Jibril di setiap malam Ramadhan. Ustadz Adi Hidayat mengajak umat muslim untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an, baik secara mandiri maupun mengikuti kegiatan tadarus bersama.

3. Meningkatkan ibadah

Selain memperbanyak sedekah dan membaca Al-Qur’an, Rasulullah SAW juga meningkatkan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadhan. Beliau lebih rajin sholat sunnah, berdzikir, dan memperbanyak doa. Ustadz Adi Hidayat mengingatkan pentingnya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah selama bulan Ramadhan.

Dengan mengikuti amalan-amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, diharapkan umat muslim dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan meraih keberkahan di dalamnya.

” Pesan bagi semua umat muslim untuk mengikuti sunah dari Nabi Muhammad SAW. Bahwa Rasulullah selalu bermujahadah ketika akan tiba Ramadhan,” jelas Ustaz Adi Hidayat.

0 Komentar