Investasi Emas untuk Pemula: Ketahui Tips dan Cara Belinya

ilustrasi emas
ilustrasi emas.(freepik.com)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM,JAKARTA – Apakah Anda sudah yakin untuk memulai investasi emas? Sudahkah Anda tahu bagaimana cara dan tips aman untuk memulainya? Emas merupakan pilihan investasi praktis yang dapat diakses oleh siapa pun. Pilihan investasi ini cocok untuk Anda yang memiliki tujuan finansial menengah atau jangka panjang.

Misalnya saja seperti pendidikan anak atau kepemilikan rumah, dimana investasi dalam emas bisa menjadi langkah yang bijak. Namun meski bisa dikatakan mudah dan praktis, nyatanya banyak orang yang merasa khawatir karena belum mengetahui bagaimana cara memulainya. Untuk memudahkan, ketahui cara dan tips di bawah ini.

Investasi Emas untuk Pemula: Ketahui Tips dan Cara Belinya

Sebagai langkah mudah untuk berinvestasi emas, perhatikan beberapa tips berikut  

1. Tujuan Berinvestasi

Baca Juga:Pemkab Cianjur Dorong Desa Anggarkan Cadangan Pangan Beras di APBDesMelayat ke Rumah Duka Anggota PKD Cibadak yang Meninggal, Wabup Cianjur: Almarhum Pejuang Demokrasi

Tips pertama, yakni Anda harus memiliki tujuan yang jelas sebelum memulai investasi emas. Penting untuk mengetahui tujuan investasi Anda, apakah itu untuk tabungan pernikahan, pendidikan, ataukah investasi hari tua. Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda dapat menentukan dengan lebih baik berapa besaran emas yang ingin Anda investasikan setiap bulannya.

2. Memantau Fluktuasi Harga Emas

Salah satu strategi berinvestasi emas adalah secara rutin cek harga emas ubs hari ini untuk memantau fluktuasi harga yang terjadi. Saat ini, memantau harga emas cukup mudah dengan banyaknya situs dan aplikasi yang menyediakan informasi tersebut.

Tujuan memantau harga emas adalah untuk mengidentifikasi peluang beli saat harga turun dan menjual saat harga naik signifikan. Meskipun emas dikenal sebagai aset investasi yang stabil, tetap penting selalu mengikuti perkembangannya untuk mengambil keputusan yang tepat.

3. Memilih Tempat Pembelian

Untuk melakukan investasi, langkah selanjutnya adalah memilih tempat yang terpercaya untuk membeli maupun menjual emas secara resmi. Hal ini penting untuk memastikan keamanan dan keabsahan dari emas batangan yang akan dibeli. Salah satu opsi yang direkomendasikan untuk beli emas adalah membelinya langsung dari PT ANTAM.

Baik melalui gerai penjualan di kantor fisik maupun melalui situs-situs e-commerce resmi yang menjual emas fisik PT ANTAM. Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli dan membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian. Kedua perusahaan ini merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sehingga penjualannya lebih terpercaya.

0 Komentar