6 Jurusan Kuliah yang Prospek Kariernya Terancam 

Jurusan Kuliah yang Prospek Kerjanya Terancam
Di era digital dan otomatisasi yang terus berkembang, beberapa bidang pekerjaan memang menghadapi risiko pengurangan peran manusia, yang dapat mempengaruhi prospek karier dari beberapa jurusan kuliah. (Foto: Ilustrasi)
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES – Di era digital dan otomatisasi yang terus berkembang, beberapa bidang pekerjaan memang menghadapi risiko pengurangan peran manusia, yang dapat mempengaruhi prospek karier dari beberapa jurusan kuliah. 

Namun, penting untuk diingat bahwa banyak dari jurusan ini masih memiliki nilai dan dapat beradaptasi dengan perubahan teknologi

Beberapa contoh jurusan yang kariernya mungkin terancam oleh perkembangan teknologi dan otomatisasi termasuk:

Baca Juga:10 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak DiminatiBiar Gak Salah Milih, Calon Mahasiswa Harus Tahu Apa Itu Jurusan Kuliah

1. Perbankan dan Keuangan

Otomatisasi dan teknologi fintech dapat mengurangi kebutuhan akan peran tradisional dalam perbankan dan layanan keuangan.

2. Akuntansi

Perangkat lunak akuntansi dan kecerdasan buatan (AI) yang semakin canggih dapat mengotomatisasi banyak tugas akuntansi rutin.

3. Manufaktur

Teknologi manufaktur, seperti robotika dan manufaktur aditif (3D printing), terus berkembang, yang dapat mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manual dalam beberapa aspek produksi.

4. Pos dan Kurir

Dengan munculnya drone dan teknologi pengiriman otomatis lainnya, pekerjaan di sektor pos dan kurir mungkin berkurang.

5. Administrasi Kantor dan Sekretaris

Otomatisasi kantor dan solusi manajemen proyek dapat mengurangi kebutuhan akan peran administratif tradisional.

6. Perpustakaan dan Ilmu Informasi

Digitalisasi sumber daya dan informasi dapat mengurangi kebutuhan akan peran tradisional dalam pengelolaan perpustakaan fisik.

Namun, penting untuk mempertimbangkan bahwa adaptasi dan evolusi dalam pendidikan dan keterampilan dapat membantu individu dalam jurusan-jurusan ini tetap relevan di pasar kerja. Misalnya:

Baca Juga:7 Makanan Terbaik untuk Penderita Penyakit Alzheimer6 Makanan dan Kebiasaan yang Dapat Tingkatkan Risiko Alzheimer

1. Akuntansi

Meski tugas-tugas rutin mungkin otomatis, peran strategis dan analitis dalam akuntansi dan keuangan masih memerlukan pemikiran manusia dan penilaian profesional.

2. Manufaktur

Keterampilan dalam desain produk, pengembangan proses, dan pemeliharaan sistem otomatis menjadi lebih penting.

3. Administrasi dan Manajemen

Fokus pada pengembangan keterampilan dalam analisis data, manajemen proyek, dan strategi bisnis dapat meningkatkan relevansi.

4. Perpustakaan dan Ilmu Informasi

Spesialisasi dalam manajemen data digital, kurasi konten digital, dan analisis informasi dapat membuka peluang baru.

Meskipun beberapa jurusan mungkin menghadapi tantangan dari perkembangan teknologi, penyesuaian kurikulum dan pengembangan keterampilan yang relevan dengan era digital dapat membantu lulusan tetap kompetitif dan relevan di pasar kerja yang berubah. 

0 Komentar