6 Kebiasaan Pagi yang Menurunkan Tensi Darah Secara Alami, No 1 Sering Dianggap Sepele

6 Kebiasaan Pagi
Dengan berjalan kaki bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan tensi darah secara alami(foto:Ilustrasi)
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES– Tensi darah adalah kekuatan yang mendorong darah ke dinding arteri. Tekanan ini dihasilkan oleh jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh.

Tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80 mmHg. Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah 130/80 mmHg atau lebih tinggi.

Hipertensi adalah penyakit serius yang dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, penyakit ginjal, kebutaan.

Baca Juga:Inilah, 7 Rekomendasi Makanan yang Dapat Mencegah KankerMengenal, 10 Jenis Gangguan Mental yang Sering Terjadi, Simak Selengkapnya Disini!

Ada beberapa faktor risiko hipertensi seperti faktor usia, riwayat keluarga hipertensi, ras, kelebihan berat badan atau obesitas, kurang aktivitas fisik, merokok, mengonsumsi terlalu banyak garam dan terlalu banyak minum alkohol.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis serius yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal. Kabar baiknya adalah ada beberapa perubahan gaya hidup yang dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami, termasuk beberapa kebiasaan pagi berikut:

1. Minum segelas air putih

Minum segelas air putih setelah bangun tidur dapat membantu menurunkan tekanan darah. Air membantu tubuh membuang kelebihan natrium, yang dapat meningkatkan tekanan darah.

2. Berjalan kaki

Berjalan kaki selama 30 menit setiap pagi dapat membantu menurunkan tekanan darah. Berjalan kaki adalah bentuk latihan aerobik yang membantu memperkuat jantung dan paru-paru.

3. Lakukan peregangan

Peregangan selama 10-15 menit setiap pagi dapat membantu menurunkan tekanan darah. Peregangan membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi stres.

4. Mediasi

Meditasi selama 10-15 menit setiap pagi dapat membantu menurunkan tekanan darah. Meditasi membantu mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi.

5. Makan sarapan yang sehat

Makan sarapan yang sehat dengan buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sarapan yang sehat membantu menjaga kadar gula darah stabil dan mencegah lonjakan tekanan darah.

6. Batasi asupan kafein

Baca Juga:PSSI Tunjuk Pelatih Jepang Satoru Mochizuki Tangani Timnas Putri, Begini Tanggapan Erick Thohir10 Tips Ampuh Mengatasi Pegal-Pegal Setelah Bekerja, Bikin Badan Lebih Nyaman

Kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Batasi asupan kafein hingga 200 mg per hari, yaitu sekitar dua cangkir kopi.

0 Komentar